oleh

Penuhi Prokes, Wisudawan Stand By di Kendaraan

BERITA649.COM – Acara wisuda mahasiswa program sarjana dan program pasca sarjana Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) pagi tadi (14/12/2020) dalam suasana berbeda. Caranya juga tidak sama seperti wisuda tahun-tahun sebelumnya.

Acara wisuda dilangsungkan di gedung rektorat. Ketua dan anggota senat duduk menghadap selatan. Jarak  kursi satu dengan lain lebih dari 1 mater.

Sementara calon wisudawan masuk satu per satu dari gerbang pintu masuk kamus UMBY yang berada di pinggir Jalan Wates. Setelah semuanya siap, para calon wisudawan antri sesuai kedatangan.

Menariknya, ada wisudawan yang memakai mobil. Ada pula yang membawa sepeda motor. Mereka bergerak mengikuti rute yang telah diatur panitia.

BACA JUGA: BPBD DIY Gelar Program 1 Juta Masker

Setelah berada di pintu masuk tempat wisuda, mereka harus berhadapan dengan petugas. Petugas mengecek suhu badan. Diminta cuci tangan atau memakai handsanitizer.

Petugas juga meminta para lulusan memakai masker selama prosesi wisuda. Selanjutnya, satu per satu para wisudawan memasuki gedung rektorat.

Kali pertama yang mewisuda adalah Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakara, Dr Alimatus Sahrah MSi MM. Acara wisuda menggunakan semacam drivethru.

Wisudawan yang memakai  toga berjalan menghampiri Rektor Alimatus yang berdiri di panggung. Setelah berada di depan panggung, rektor memindahkan tali toga dari kiri ke kanan. Rektor memberi ucapan selamat tanpa jabat tangan.

Begitu seterusnya hingga acara wisuda selesai. Rektor Alimatus dalam sambutannya mengatakan, acara wisuda mengikuti ketentuan protokol kesehatan.

“Kita semua berharap acara wisuda berjalan lancar. Berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Terbebas dari COVID-19,” kata Alimatus.

Pada tahun ini, UMBY mewisuda 1.085 lulusan. Acara wisuda dilaksanakan secara bergelombang selama tiga hari.

Kebijakan ini dilakukan agar tidak terjadi pengumpulan orang di lingkungan kampus. Seluruh wisudawan periode ini mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3 sebanyak 89 persen.

Wisuda pada pandemi COVID-19 juga membanggakan. Pasalnya, sebanyak 37 persen atau 414 lulusan berpredikat cumlaude. (aza/asa)   

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA