oleh

Penggunaan Dana Penanganan Covid-19 Mulai Diaudit

YOGYAKARTA – Penggunaan dana penanganan Covid-19 di DIY mulai diaudit  Badan Pemeriksa Keuangan. Pemeriksaan dimulai  entry meeting yang digelar secara virtual (8/9/2020).

Wakil Gubernur  Paku Alam X  meminta kepala OPD di kota dan kabupaten se-DIY, termasuk pengelola BTT, bisa bekerja sama dengan tim entry meeting dari BPK.

“Saya berharap semua pihak tetap mengedepankan protokol kesehatan selama pemeriksaan,” kata Wagub didampingi Kepala Inspektorat DIY, Wiyos Santoso.

Kepala Perwakilan BPK DIY, Ambar Wahyuni mengatakan entry meeting  untuk mengawali pemeriksaan terhadap kepatuhan penggunaan dana dalam penanganan Covid-19 di DIY.

BACA JUGA : 2 ASN dan 2 Tenaga Teknis Pemkot Yogyakarta Tertular Covid-19

Pelaksanaan pemeriksaan secara serentak dimulai 7 September 2020.

Audit  meliputi penyaluran dan penggunaan dana APBN dan APBD. Audit APBD tingkat satu akan dilakukan pada tiga  program penanganan. Yakni,  jaring pengaman sosial (JPS), penanganan Covid-19 dan pemberdayaan ekonomi.

Kata Ambar, pemeriksaan tematik dilakuan mulai pusat, provinsi, kota dan kabupaten . Ambar meyakinkan  akan selalu menegakkan kode etik pemeriksaan. Yakni berkredibilitas, independen dan terbuka.

“Tentu saja pemeriksaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA