oleh

Pengawasan Sayuran di Pasar Prawirotaman

BERITA649.COM –  Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta melakukan pengawasan keamanan sayur-sayuran di Pasar Prawirotaman. Pengawasan untuk memastikan pangan segar asal tumbuhan (PSAT)  bebas dari cemaran residu pestisida.

Pengawasan yang digelar 13 Oktober kemarin meliputi sepuluh jenis sayuran yang sering ditemui di pasar tradisional. Yakni, sawi hijau, cabai merah besar,  wortel, daun bawang, bawang merah, kembang kol, kobis, timun, terong dan brokoli.

Juga dilakukan pengawasan peredaran beras yang belum mencantumkan nomor register PSAT. Sesuai Peraturan Permentan Nomor 53/Permentan/KR.040/12/2018 tentang Keamanan dan Mutu PSAT, setiap pelaku usaha wajib melakukan pendaftaran atas PSAT diedarkan dalam kemasan eceran dan atau diberi label.

BACA JUGA: Ini Klarifikasi WHO tentang COVID-19

Hasil pengawasan, sebagian besar pedagang beras di Pasar Prawirotaman menjual beras curah dalam kemasan besar 50 kilogram. Sehingga tidak perlu ada nomor register PSAT.

Namun ada pedagang yang menjual beras kemasan 5 kilogram yang belum mencantumkan nomor register PSAT. Para pedagang beras mengaku belum mengetahui peraturan tersebut.

Rencananya,  Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta  akan melakukan sosialisasi Peraturan Permentan Noomr 53/Permentan/KR.040/12/2018  secara berkelanjutan. (nik/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA