oleh

Pendidikan Jarak Jauh jadi Peluang Bisnis Pendidikan

SLEMAN – Pandemi Covid-19 membuka perspektif baru tentang program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) model online. Program PJJ bisa menjadi peluang baru dalam bisnis pendidikan.

PJJ tidak harus membuka kelas klasikal dalam ruang khusus. Kuliah jarak jauh bisa dilakukan di mana saja asal lokasinya bisa diakses teknologi informasi.

“UII telah merancang  menuju ke arah itu,” kata  Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Dr Fathul Wahid saat menyampaikan pidato pada Rapat Terbuka Senat Universitas Islam Indonesia dalam Milad ke-77 UII, (18/8/2020).

BACA JUGA : Soal Pilbup, Amir Syarifudin Tegaskan PKS Bantul Satu Suara

Menyikapi ketidakpastian pandemi vurus corona, lembaga pendidikan harus berbenah. Mengutamakan perspektif baru penyelenggaraan pendidikan, seperti penerapan sistem pendidikan daring dalam waktu jangka panjang.

Hanya, perlu penguatan jaringan teknologi informasi, peningkatan kapabilitas dosen, peningkatan kualitas konten pembelajaran dan penyesuaian proses bisnis. Layanan juga harus dirumuskan ulang.

BACA JUGA : Peringati Kemerdekaan RI, PKK Kota Yogyakarta Bagikan 20 Ribu Masker

“Kami sedang ikhtiar  mencapai model bisnis baru dalam bentuk pembukaan program pendidikan jarak jauh,” kata Fathul.

Milad UII ke-77 tahun ini dilaksanakan secara daring. Berpakaian kebesaran toga menyampaikan pidato di depan laptop.

Di meja  tampak kabel listrik dan perangkat komunikasi di dekat rektor berpidato. Dalam pidato milad, dosen Psikologi UII, Sus Budianto menyatakan UII sedang masuk fase autentikasi.

BACA JUGA : Beredar Uang Kertas Pecahan Rp 75 Ribu, Ini Cara Menukar

“UII berusaha menemukan kembali dan melestarikan nilai-nilai dan tujuan dasar organisasi yang diyakini sejati,” ujarnya.

Sejak berdiri 8 Juli 1945  sampai sekarang, kampus ini  telah melahirkan satu generasi umat manusia yang sedang proses menciptakan generasi umat kedua.

Generasi pertama banyak mengukir prestasi, menjadi bagian sejarah Indonesia. Generasi kedua sedang proses mencari bentuk yang tepat sesuai konteks zaman. (#)

penulis: mukhijab | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA