oleh

Pencegahan Anak Kerdil jadi Program Prioritas

JAKARTA – Percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) merupakan program prioritas nasional. Target yang  ditetapkan dalam RPJMN  adalah menurunkan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Aditya Putra Kurniawan MSH Couns menyebutkan saat ini terdapat 260 daerah di Indonesia yang menjadi lokasi prioritas Program Percepatan Pencegahan Stunting.

“Pemerintah pada tahun 2021 telah menetapkan 100 pemerintah daerah sebagai lokasi prioritas baru,” kata Aditya.

Aditya menjelaskan topik tersebut saat menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Teknis “Membangun dan Memperkuat Komitmen dalam Percepatan Pencegahan Anak Kerdil”.

BACA JUGA: Pengadaan Vaksin Dipercepat, Pemerintah Gunakan 2 Jalur

Acara yang dibuka Wakil Presiden Ma’ruf Amin  juga menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Menteri Keuangan; Kepala Badan Pusat Statistik; dan Menteri Dalam Negeri sebagai narasumber.

Aditya mengatakan, penetapan melalui Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional tanggal 9 April 2020 tentang Penetapan Perluasan Kabupaten atau Kota Lokasi Fokus lntervensi Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2021.

Usai menjadi narasumber, Aditya  mengatakan kegiatan rakor sangat strategis. Karena bertujuan membangun komitmen bersama dan meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan konvergensi percepatan pencegahan anak kerdil.

“Tentu harapannya, program percepatan pencegahan anak kerdil sesuai target,” katanya. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA