oleh

Penambahan Pasien COVID-19 Tak Sebanding Jumlah Nakes

BERITA649.COM – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X memimpin Rapat Evaluasi Penanganan COVID-19 DIY.

Agenda utama rapat adalah peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan dan penegakkan hukum terhadap masyarakat DIY.

Fokus pembahasan pada  kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Wagub Paku Alam X mengatakan, pasien terkonfirmasi COVID-19 di DIY selalu bertambah setiap hari.

“Penambahan pasien  tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan yang menangani COVID-19 di beberapa rumah sakit DIY,” kata Wagub didampingi Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji di Ndalem Ageng, Kompleks Kepatihan, (24/11/2020).

BACA JUGA: Sutlan Minta Pilkada Patuh Protokol Kesehatan

Juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajoen Setyaningastutie dan Kasatpol PP DIY Noviar Rahmad.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajoen Setyaningastutie menjelaskan kendala sejumlah rumah sakit di DIY  dalam menangani COVID-19 adalah keterbatasan  tenaga kesehatan.

Itulah sebabnya, Dinas Kesehatan DIY melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Kementerian Kesehatan. Agar  keterbatasan tenaga kesehatan bisa segara teratasi.

 

Pembajoen menyebutkan tenaga kesehatan yang dibutuhkan meliputi dokter, perawat, ahli teknologi laboratorium medis, radiografer, dan tenaga medis lain.

Kasatpol PP DIY Noviar Rahmad  akan melakukan pengecekan kerumunan setiap hari di tempat-tempat hiburan, wisata, dan perkantoran.

“Termasuk saat libur panjang nanti. Satpol PP DIY akan menurunkan 459 personil setiap hari untuk menambah kapasitas pengecekan di lapangan. Bagi masyarakat yang melanggar aturan tersebut akan dikenakan sanksi. Salah satunya penutupan operasional sementara,” tandas Noviar. (nik/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA