oleh

Pemkot Yogyakarta Buka Shelter bagi OTG, Kapasitas 84 Orang

YOGYAKARTA –  Pemerintah Kota Yogyakarta akhirnya memiliki shelter bagi  pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG). Shelter ini berada di Kelurahan Bener, Kecamatan Tegalrejo. Tapi, hanya diprioritaskan bagi warga  Kota Yogyakarta.

Tempat hunian ini menampung kapasitas 84 orang.  Hanya saja, penghuni shelter ini harus memenuhi ketentuan. Tidak semua pasien Covid-19 berstatus OTG bisa dikarantina di shelter ini.

“Nanti ada mekanisme dan rekomendasi. Saya berharap shelter bia segera digunakan,” kata Walikota  Haryadi Suyuti (18/9/2020).

BACA JUGA : Pedagang Jalan KHA Dahlan Minta Diperbolehkan Berjualan

Haryadi memastikan tempat hunian bagi pasien positif Covid-19 status OTG  ini memberi kenyamanan masyarakat di sekitar shelter.  Kendaraan ambulans yang masuk dari Jalan Kyai Mojo diminta tidak membunyikan sirine.

Ini yang perlu diketahui. Siapa saja yang masuk area utama harus menggunakan pakaian OPD level 3. Para tamu harus diperiksa. Dipastikan dalam kondisi sehat.

Siapa saja yang tidak menggunakan atribut pelindung diri akan diberi sanksi. Semua orang yang berada di lingkungan shelter harus menerapkan protokol kesehatan. Keluarga  pasien juga dilarang  menjenguk selama masa isolasi.

Kawasan ini juga  ditetapkan sebagai bebas asap rokok. Kondisi kamar harus selalu bersih. Makanan dan minuman akan disediakan. Tidak  ada aktivitas memasak.

BACA JUGA : Barisan Gerbong Biru Pilih Suharsono-Totok Sudarto

Shelter dibagi  dua area.  Yakni area infeksius dan  non infeksius. Dilengkapi  area dekontaminasi bagi petugas medis yang mengantar pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Ariyani mengatakan, pasien akan menjalani isolasi selama 10 hari. Bila tidak ada gejala apapun, pasien diperbolehkan kembali ke rumah.

Proses pengantaran  dan pemulangan pasien tetap dilakukan sesuai prosedur. Pemantauan kesehatan pasien dilakukan secara berkala melalui telepon.

Jika kondisi pasien memburuk, langsung dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.  Kebutuhan pasien selama isolasi disediakan Pemkot Yogyakarta.  Meliputi makanan, alat mandi, handuk, vitamin dan madu. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA