oleh

Pemegang KMS Bisa Daftar Jalur Zonasi dan Jalur Khusus

YOGYAKARTA – Seminggu ini, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta diserbu masyarakat. Mereka adalah  orang tua yang sedang sibuk menyiapkan anak-anaknya mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB)  sekolah menengah pertama (SMP) negeri. Ada yang menanyakan mekanisme pendaftaran, ada pula yang ingin mendapatkan informasi mengenai pendaftaran bagi jalur khusus. Yakni pendaftar yang mempunyai kartu menuju sejahtera (KMS) dan penyandang disabilitas.

Ahmad, misalnya. Warga Jagalan, Kecamatan Pakualaman ini datang lebih awal. “Supaya nggak nunggu antriannya nggak lama,” katanya memberi alasan. Ahmad adalah warga yang memiliki kartu KMS. Tahun ini, anaknya melanjutkan ke jenjang sekolah menengah pertama. Ia ingin memperoleh informasi lengkap tentang pendaftaran bagi calon siswa baru dari jalur KMS.

“Apa yang bisa saya bantu,” kata Tari, petugas di pos informasi.

“Mohon informasi  tentang penerimaan peserta didik baru,” jawab Ahmad.

Tari menjelaskan, pendaftaran calon siswa baru dari jalur KMS dan disabilitas dilaksanakan tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2020. Namun, pemegang KMS bisa ikut mendaftar di sistem zonasi. Caranya, pendaftar membuat akun  di laman https://yogya.siap-ppdb.com pada tanggal 1 Juni hingga 7 Juni 2020.  Nantinya, aku akan diverifikasi operator. Hanya, pendaftar baru bisa melakukan login mandiri online tanggal 16-18 Juni 2020.

Pada sistem zonasi, calon peserta didik bisa memilih tiga pilihan sekolah.  Hasil seleksi akan diumumkan secara online tanggal 19 Juni 2020 melalui laman yogya.siap-ppdb.com.   Bila lolos,  melakukan pendaftaran ulang  tanggal 19 hingga 20 Juni 2020. Bila tidak lolos, pendaftar dari jalur KMS masih bisa mempunyai peluang mendaftar. Yakni tanggal 28 Juni – 1 Juli 2020.

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA