oleh

Pandemi COVID-19, Pasangan Usia Subur Terputus Layanan KB

BERITA649.COM – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY menyebutkan Pasangan Usia Subur (PUS) Kota Yogyakarta tahun 2020  mencapai angka 33.963. Dari jumlah itu, jumlah peserta KB aktif 23.175 akseptor.

Sedangkan 12,10 persen unmetneed KB atau PUS yang tidak ingin anak lagi tapi belum terlayani KB.

“Artinya dari 100 PUS yang tidak terlayani KB modern ada 12 PUS. Makanya perlu ada target pasangan usia subur yang belum terlayani bisa terlayani KB,” kata Sekretaris DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Tri Karyadi saat launching Pelayanan KB Bergerak tahun 2021 di PBM Melati Kemantren Kotagede (23/2/2021).

Kegiatan KB Bergerak melayani pelayanan dan pemasangan alat kontrasepsi metode jangka panjang Intra Uterine Device (IUD) dan implant.

BACA JUGA: Waspadai Cuaca Ekstrim pada Tanggal Ini

Pelayanan KB Bergerak berada di  PMB Melati di Kemantren Kotagede, PMB Poltekkes Kemenkes di Kemantren Mantrijeron, dan PMB Dian Herawati di Kemantren Wirobrajan.

Karyadi mengatakan  63 fasilitas layanan kesehatan di Kota Yogyakarta melayani KB. Pelayanan KB Bergerak  diharapkan bisa menjaring PUS yang belum terlayani alat kontrasepsi dengan metode jangka panjang.

Termasuk meningkatkan kepesertaan KB dan menurunkan PUS unmet need KB di Kota Yogyakarta. Karena selama pandemi, sebagian pasangan usia subur terputus layanan karena takut COVID-19.

“Sehingga layanan KB sekarang harus bangkit,” kata Tri Karyadi. (nik/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA