oleh

Pandemi COVID-19 jadi Momentum Rawat Lingkungan

BERITA649.com –  Pada  masa pandemi COVID-19, hubungan dengan manusia harus sedikit dikurangi. Ada potensi warga sekarang lebih mendekat diri dan menyayangi alam. Salah satu alam semesta yang harus dijaga adalah gunung dan sungai.

“Ini momentum baik untuk merawat lingkungan dan alam,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo dalam talkshow “Mengantisipasi Bencana Hidrometeorologi” di Telaga Saat, Megamendung, Kabupaten Bogor (20/10/2020).

Doni yang juga ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta masyarakat  menjaga lingkungan. Mengajak masyarakat bersama-sama mengurangi risiko bencana.

BACA JUGA: Doni Monardo: Lawan COVID-19 Pakai 3M

Sementara Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, mitigasi bencana sangat penting. Alasannya, kontur tanah yang berbukit-bukit di wilayah Bogor.

Kondisi wilayah yang dipimpinnya juga sangat berbeda. Ada klasifikasi rapuh, ada pula yang kuat.

“Masyarakat harus campur tangan untuk menanganai bencana. Jangan hanya mengandalkan BNPB,” pinta Ade Yasin.

BACA JUGA: 1.620 Relawan Telah Disuntik, Tidak Ada Laporan KIPI

Ade juga meminta masyarakat tertib  melakukan perubahan perilaku adaptasi kebiasaan baru. Memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin dan benar merupakan  cara terbaik memutus mata rantai penyebaran wabah coronavirus. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA