oleh

Pandemi COVID-19, Belanja Online Naik 80 Persen

BERITA649.com–  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta  bekerjasama dengan PT Gojek Indonesia meluncurkan  Program Grebeg Pasar.

Ada diskon potongan harga ongkos kirim bagi masyarakat yang membeli produ  di pasar tradisional melalui aplikasi Goshop. Potongan harga berlaku hingga akhir Desember 2020.

Melalui program ini, Pemkot Yogyakarta menargetkan seluruh transaksi di pasar trandisional bisa kembali pulih.

“Masyarakat dapat membeli produk  tanpa dibebani biaya ongkos kirim,”  kata Wakil Walikota Heroe Poerwadi di Pasar Beringharjo hari ini (26/10/2020).

BACA JUGA: Pakai Masker Bantu Akhiri Pandemi COVID-19

Saat ini belanja melalui GoShop bisa diakses  23 dari  30 pasar tradisional yang tersebar di 14 kecamatan. Belanja online sekaligus menjadi solusi pencegahan penularan COVID-19.

Pasalnya, pasar sebagai lokasi yang memiliki risiko penularan wabah. Belanja secara daring adalah solusinya, sehingga konsumen tidak perlu datang  ke pasar.

Bahkan, selama pandemi COVID-19, animo masyarakat belanja online di pasar tradisional meningkat sekitar 80 persen.

Banyak pedagang mulai lancar memanfaatkan aplikasi pengiriman barang melalui ojek online. Sementara memutus penularan COVID-19 di pasar tradisional, Disperindag Kota Yogyakarta  terus melakukan tindakan preventif.

BACA JUGA: Liburan di Masa Pandemi, Wisatawan Disarankan Unduh Aplikasi JogjaPass

Kepala Disperindag, Yunianto Dwi Sutono menyebutkan ada beberapa kebijakan internal dan eksternal yang diberlakukan. Misalnya penyediaan antiseptik, sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan pembersihan secara intensif di lokasi  yang sering disentuh pengunjung atau pedagang.

Yunianto juga meminta Lurah pasar mengecek kondisi sanitasi di setiap pasar. Menyikapi banyaknya pengunjung di pasar Beringharjo, Pathuk, Kranggan, dan Demangan, Diperindag  memaksimalkan pencegahan.

“Pengunjung harus dicek suhu tubuhnya untuk memastikan yang bersangkutan dalam kondisi sedang tidak demam,” katanya.

Yunianto juga meminta lurah pasar dan petugas keamanan rutin mengedukasi pedagang terkait pentingnya mematuhi protokol kesehatan. (ris/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA