oleh

Muhammadiyah Persilakan Kader jadi Timses Pilkada

BERITA649.COM –  Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PWM DIY menyatakan Muhammadiyah berdiri di atas semua kontestan. Tetap netral serta imparsial dalam pilkada.

Muhammadiyah mempersilakan anggota berperan dalam pilkada. Syaratnya, harus mentaati Surat Keputusan PP Muhammadiyah Nomor 41/KEP/I.o/B/2013.

Juga mematuhi semua kaidah berbangsa dan bernegara yang termaktub dalam tujuh pokok pikiran Mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, dan Khittah Kebangsaan Muhammadiyah.

“Muhammadiyah mendukung pilkada di DIY berjalan damai, rutin, dan partisipatif,” kata  Ketua LHKP PWM DIY, Drs Suwandi Danusubroto kepada wartawan, hari ini (20/11/2020). Juga hadir Saleh Tjan dan Farid Bambang Siswantoro.

BACA JUGA: Muhammadiyah Minta Pilkada di DIY Patuh Protokol Kesehatan

Muhammadiyah meminta penyelenggara dan pengawas bertindak profesional, jujur dan adil.  Calon bupati dan calon wakil bupati tidak menggunakan cara-cara tak mendidik dalam penggalangan dukungan.

Juga tidak melakukan tindakan politik uang dalam bentuk apapun. Politik uang merupakan pembusukan demokrasi yang dampaknya sangat merusak dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sedangkan anggota Muhammadiyah diminta tidak melakukan pelanggaran peraturan pilkada. Bisa menjaga marwah Muhammadiyah. Tidak memanfaatkan fasilitas Muhammadiyah dalam bentuk apapun.

BACA JUGA: Hasil Survei, 2/3 Responden Siap Terima Vaksin

“Jangan gunakan infrastruktur maupun jaringan untuk memenangkan pasangan calon tertentu seraya menyisihkan calon lain,” tandas Saleh Tjan.

LHKP  mengingatkan jangan sampai terjadi ada anggota Muhammadiyah  melakukan pelanggaran fatsoen politik. Yakni, mengintervensi untuk mobilisasi jaringan dan struktur persyarikatan Muhammadiyah untuk kepentingan pasangan calon.

Farid Bambang Siswantoro mengingatkan,  anggota Muhammadiyah yang menjadi tim sukses harus non-aktif. Sementara kader Muhammadiyah yang menjadi calon bupati atau calon wakil bupati harus mengundurkan diri dari jabatan struktural. (aza/asa)   

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA