oleh

Menyanyi Gunakan Masker jadi Biasa

JAKARTA – Penyanyi Rando Sembiring mengakui pandemi COVID-19 membuat jadwal manggung terganggu. Namun, penyanyi berdarah Batak tetap bersyukur masih  diberi kesempatan untuk berbagi.

“Saya bersyukur di masa pandemi masih bisa berkarya,” ujar Rando Sembiring pada dialog “Kreativitas di Atas COVID-19” di Media Center Satgas COVID-19 Graha BNPB, Jakarta (17/10/2020).

Bagi Rando, belum diketahui berakhirnya pandemi virus corona bukan berarti menghentikan kreativitas.

“Hidup harus terus diisi dengan kerativitas,” katanya.

BACA JUGA: Keamanan Vaksin bagi Masyarakat adalah Prioritas

Rando  mengakui banyak perubahan yang dialami pada masa pandemi.  Termasuk urusan manggung. Dulu, ia bisa bernyanyi depan penonton. Bisa berkomunikasi langsung. Disitulah Rando berekspresi.

Tapi, sekarang telah berubah. Sementara waktu, semua harus mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker saat berara di luar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan  sabun.

“Sekarang  bernyanyi menggunakan masker pada masa pandemi adalah hal  biasa,” kata Rando.

BACA JUGA: Jaga Kekebalan, Orang Dewasa juga Perlu Imunisasi

Sementara pelukis yang juga Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB), Tisna Sanjaya  bebih banyak  berada di rumah. Namun, bukan alasan  tidak berkarya.

“Saya banyak mendapatkan inspirasi. Saya tetap melukis menggunakan bahan yang di  rumah,” katanya.

Salah satunya membuat pameran lukisan. Hasilnya disumbangkan untuk kegiatan sosial. Kata Kang Tisna, membuat  karedok dan sambal menjadi seni. Seni partisipasi dengan anak dan keluarga.

“Bentuk seni baru lebih akrab dan tidak berjarak,” ujarnya. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA