oleh

Menkominfo Sebut Beredar 2 Ribu Hoaks COVID-19

YOGYAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate menyebut terdapat 2 ribu sebaran hoaks terkait COVID-19.  Kabar hoaks tersebut tersebar di Youtube, Twitter, Instagram, maupun Tiktok.

“Sesuai amanat UU ITE, kita harus menjaga ruang digital agar bersih dengan dua hal. Yakni cek dan ricek,” kata Johnny G Plate usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sultan HB X di Kepatihan (16/10/2020).

Johnny minta platform yang bersangkutan melakukan take down. Saat ini sekitar 1900 hoaks sudah di-takedown oleh platform digital.

BACA JUGA : Jaga Kekebalan, Orang Dewasa juga Perlu Imunisasi

“Saya sudah berkomunikasi dengan platform digital di Amerika Serikat, bulan lalu. Saya kontak dengan Susan Wojcicki, CEO Youtube, untuk ambil langkah cepat pembersihan hoaks,”  tandasnya.

Johnny menambahkan saat ini terdapat 12.500 daerah yang belum terjangkau 4G. Dalam kurun 2021-2022, diusahakan 12.500 dapat terlayani dengan sinyal 4G.  Sebanyak 9.100 diantaranya merupakan daerah 3T.

Pembangunan menggunakan BLU Bakto Kominfo yang menggunakan anggaran APBN, PNBP, dan University Service Obligation. Menkominfo juga menggandeng perusahaan seluler untuk bekerja bersama.

Harapannya, pada akhir tahun 2022,  seluruh desa di Indonesia sudah terlayani 4G. Termasuk DI Yogyakarta. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA