oleh

Menikmati Liburan tanpa Macet

Mengantisipasi datangnya banjir wisatawan pada musim liburan akhir tahun ini, Pemerintah Kota Yogyakarta telah pasang strategi. Maklumlah.  Saat liburan tiba, bus-bus wisata yang lalu-lalang di  Yogyakarta sering  menimbulkan persoalan kemacetan. Apa solusinya?

—————-

JALAN keluar yang dipilih adalah memanfaatkan dua lahan di lokasi berbeda. Lokasi ini memiliki lahan yang luas untuk menampung bus-bus wisata. Yakni, parkir kendaraan di Amongrogo Jalan Kenari, dan parkir bus wisata di Kebun Binatang Gembira Loka.

Lokasi tersebut sebagai kantong parkir bagi bus wisata yang masuk dari arah timur melalui Jalan Solo dan Jalan Wonosari. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembanguan Kota Yogyakarta Kadri Renggono menerangkan, pemanfaatan dua lokasi ini telah dikomunikasikan Pemerintah Kota Yogyakarta dengan  Pemerintah DIY, PT AMI, Polresta Yogyakarta dan manajemen Gembira Loka.

“Ini merupakan bentuk kerjasama agar Yogyakarta tidak macet saat liburan. Terimakasih atas kerjasama yang baik ini,” kata Kadri.

SINERGI: Kadri Renggono dengan pelaku wisata, Deddy Pranowo Eryonno.

Hanya penggunaan area parkir di Amongrogo dan Gembira Loka tidak selamanya. Hanya berlaku sejak 15 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Bus-bus wisata yang ingin parkir di lokasi ini juga harus menyesuaikan jadwal.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menetapkan bus wisata bisa parkir di Amongrogo maupun Gembira Loka pukul 15.00 – 22.00. Bagaimana penumpang bus wisata yang ingin berkunjung ke Malioboro? Ini juga sudah disiapkan.

Wisatawan yang berada di Amongrogo dan Gembira Loka bisa memanfaatkan Bus TransJogja. Bus ini akan turun di depan kantor Gubernur DIY sisi selatan. Selanjutnya, wisatawan yang akan kembali ke lokasi parkir bus wisata bisa menumpang  TransJogja.

“Semoga kebijakan ini mendapat apresiasi dari wisatawan dan pelaku wisata,” kata Kadri.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA