oleh

Mengunjungi Pasar Ini Wajib Tutup Aurat

YOGYAKARTA – Pasar Sore kembali dibuka di Kampung Ramadhan Jogokaryan (KRJ). Pada tahun ini, panitia menyediakan 179 lapak.

Lapak berada di sisi kanan dan kiri jalan. Acara pembukaan pasar sore  dilaksanakan 13 April lalu. Hari ini, 14 April, adalah hari ke-dua.

“Kami berharap kegiatan ini memberi dampak positif  untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat,” kata Ketua Panitia KRJ 2021, Muhammad Syafiq Hamzah.

Pada pasar sore tahun ini,  persyaratan bagi masyarakat yang akan membuka lapak  cukup mudah.  Peminat membawa foto kopi kartu tanda penduduk atau identitas lain.

BACA JUGA: Takjil Hari Pertama Disuguhi Nasi Gulai Kambing, Disiapkan 1.000 Bungkus per Hari

Aturan mainnnya, dagangan yang dijual adalah halal dan toyib. Penjual wajib nenerapkan protokol kesehatan  pencegahan penularan covid-19.

Pedagang dan pengunjung wajib mengenakan masker.

Panitia juga mewajibkan pedagang, khususnya perempuan, menutup aurat. Bagi yang tidak puasa harus menghormati yang sedang berpuasa.

“Karena kegiatan berada di sekitar masjid.  Semua harus menghormati nilai-nilai ajaran agama Islam,” kata Syafiq.

BACA JUGA: Soal Ketersediaan Pangan, Pemkot Yogyakarta Tanggung Jawab

Kegiatan pasar sore dibuka pukul 15.00 – 18.00. Usai tutup, petugas akan melakukan penyemprotan disinfektan pada semua lapak.

Mengantisipasi terkadinya kerumunan, takmir telah menjalin kerjasama dengan  aparat. Takmir juga telah membentuk satgas penangana covid-19.

Masjid Jogokaryan juga melaksanakan buka bersama. Disediakan 2 ribu – 3 ribu boks per hari. Masjid ini juga kembali melaksanakan shalat Taraweh.

Sementara kegiatan kajian agama Islam dilaksanakan secara online. (ris/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA