oleh

Menggembirakan, Kepatuhan Pilkada Jalani Protokol Kesehatan

BERITA649.COM – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mencatat tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan pada pilkada di 309 daerah di atas 89 persen hingga 96 persen.

Data tersebut berdasarkan  hasil monitoring sejak pukul 06:45 hingga malam ini (9/12/2020).  Protokol kesehatan menjadi penting dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020 pada masa pandemi COVID-19, sesuai Peraturan KPU 6 Tahun 2020 dan Peraturan KPU 10 Tahun 2020.

Melihat data yang menunjukkan tingkat rata-rata kepatuhan tersebut  cukup baik. Namun, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengingatkan tahapan penyelenggaraan pilkada masih berjalan.

“Jangan puas. Sekali lagi tidak boleh puas dulu. Karena tahapan-tahapan tugas untuk pilkada ini belum berakhir,” kata Doni disiarkan melalui media daring di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BACA JUGA: 3 Faktor Ini Bisa Potensi Penularan COVID-19 di Rumah

Masih kegiatan penghitungan suara yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Doni meminta seluruh pihak tidak segan-segan menegur dan mengingatkan kepada siapapun yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Selalu cerewet, selalu nyinyir, selalu mengingatkan,” pinta Doni.

Doni  menyatakan tidak segan mengingatkan pejabat daerah yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya, ada provinsi dengan tingkat kepatuhan rendah.

Tetapi peringatan yang diberikan petugas juga rendah sekali. Lantas Doni menghubungi pejabat terkait.

“Datanya sudah masuk sepuluh besar. Artinya, kalau ada pemberitahuan dan segera ditindaklanjuti, di lapangan pun ada perubahan,” imbuh Doni.

Kesuksesan pelaksanaan pilkada yang aman dari COVID-19 berawal dari kerja keras semua pihak yang selalu konsisten melaksanakan peraturan. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA