oleh

Menemui Sultan HB X, Mahasiswa Nyatakan Tak Lakukan Anarkisme

BERITA649.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku X menerima audiensi sejumlah mahasiswa yang terhimpun dalam Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) DIY di Dalem Ageng, Kompleks Kepatihan, Yogyakartam hari ini (2/11/2020).

Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) DIY, Muhammad Asfar menyatakan perlu bersilaturahmi kepada Gubernur Sultan HB X.  Pertemuan tersebut untuk meluruskan aksi anarkisme yang terjadi pada aksi penolakan UU Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

Asfar menegaskan tidak terkait dengan kerusuhan tersebut. BEM DIY tetap pada tujuan awal, yakni melakukan aksi damai.

“Anarkisme yang terjadi tanggal 8 Oktober lalu sangat kami sayangkan. Kejadian itu sangat tidak mencerminkan kultur Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan miniatur negara dan penuh berisi kaum intelektual,” kata Asfar usai menemui Sultan.

BACA JUGA: Tips Tonton Film di Bioskop

Asfar menyatakan aksi unjuk rasa murni menyuarakan kepentingan masyarakat. Asfar menegaskan tidak ada mahasiswa yang terlibat anarkisme.

Sekda DIY Drs R Kadarmanta Baskara Aji  menjelasakan, Sultan pada pertemuan tersebut berdialog mengenai aksi anarkisme yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi mahasiswa.

Baskara Aji menegaskan pemerintah tidak pernah melarang siapapun melakukan unjuk rasa. Namun setiap kegiatan harus memastikan sudah mengantongi izin dari kepolisian.

“Pak Gubernur mengatakan, teman-teman mahasiswa juga harus pandai membaca situasi. Kalau sekiranya menggelar aksi berpotensi ditunggangi pihak-pihak tertentu itu besar, diminta menunda,” kata Aji.

Mahasiwa sudah seharusnya bersikap kritis agar penyelenggaraan pemerintahan lebih baik. Kepedulian mahasiswa diperlukan. Mahasiswa yang peduli terhadap isu sekitar bisa menjadi bibit unggul untuk kualitas pemerintah di masa depan. (mkj/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA