oleh

Memberdayakan Masyarakat Pasca COVID-19 dengan Inovasi Teknologi

BERITA649.COM – Upaya yang dilakukan perguruan tinggi beradaptasi menghadapi pandemi COVID-19  berdasarkan Tridharma Perguruan Tinggi.

Antara lain melakukan pengembangan inovasi teknologi, teknologi informasi dan program merdeka belajar.

“Output yang dihasilkan dari pengembangan adalah pembelajaran daring yang dapat dilakukan dengan mengambil lintas prodi dan lintas kampus,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Ir Nizam MSc saat membuka Webinar Abdimas 3 (11/11/2020).

Webinar ini diselenggarakan  Lembaga Publikasi, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Mengusung tema “Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca COVID-19”.

BACA JUGA: 6 Jam Hanya Terjadi 1 Kali Guguran

 

Nizam mengungkapkan, adaptasi juga dilakukan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran bagi dosen melalui implementasi merdeka belajar.

Antara lain pembelajaran daring kolaboratif dan lintas disiplin, kegiatan relawan kemanusiaan mahasiswa, dan proyek dan penelitian mandiri bersama dosen terutama untuk pemulihan sosial ekonomi.

Lalu perbaikan atau peningkatan mutu pembelajaran daring dengan metode pembelajaran asesmen, manajemen, melaksanakan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa serta perbaikan model kuliah.

BACA JUGA: Sultan Minta Warga DIY Tingkatkan Kesadaran Jaga Kesehatan

Penguatan dan perbaikan platform pembelajaran dan infrastruktur jaringan. Program ini bekerjasama dengan Kementerian Kominfo dan internet provider, serta platform webinar merah putih dan SPADA ICE Institute.

“Pelajaran yang dapat diambil dalam pandemi COVID-19 adalah adaptasi yang sangat cepat terhadap penggunaan teknologi pembelajaran,” kata Nizam.

Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM mengatakan perguruan tinggi memiliki peran  menjawab solusi permasalahan di masyarakat dalam masa pandemi.

Perguruan tinggi tidak berhenti melakukan diskusi dengan memikirkan  dampak sosial dan solusi penanganan. Webinar Pengabdian Masyarakat Abdimas 3  menjadi wadah diskusi untuk mendapatkan solusi membangkitkan potensi sosial dan ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan  Webinar Pengabdian Masyarakat ini menjadi kontribusi perguruan tinggi  memecahkan permasalahan,” kata Gunawan. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA