oleh

Masyarakat Perlu Edukasi Gerakan 3M

YOGYAKARTA – Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah, Budi Setiawan meminta masyarakat jangan memandang sebelah pemakaian masker. Alasannya, masker adalah alat pelindung diri mencegah penularan COVID-19.

“Pakailah masker. Ini penting bagi kita semua untuk saling menjaga kesehatan dan keselamatan,” kata Budi kepada BERITA649.Com (13/10/2020).

Budi mengatakan, pandemi COVID-19 adalah peristiwa baru di Indonesia. Itulah sebabnya, dibutuhkan edukasi yang berkesinambungan. Masyarakat harus diberi pengetahuan yang memadai tentang bahaya virus Corona bagi kesehatan.

BACA JUGA : Walikota Minta Warga Positif COVID-19 Jangan Dikucilkan

“Karena baru, Indonesia belum memiliki pengalaman mengatasi virus ini. Masyarakat juga begitu,” katanya.

Masyarakat  masih butuh edukasi. Masyarakat butuh informasi sejelas-jelasnya tentang COVID-19.  Itulah sebabnya, Budi mendukung langkah pemerintah yang terus melakukan sosialisasi mengenai dampak penularan virus corona.

Kata Budi, kampanye protokol kesehatan adalah tindakan paling jitu untuk menyelamatkan masyarakat dari virus Corona. Minimal masyarakat bisa melaksanakan gerakan 3M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Gerakan 3M adalah adaptasi kebiasaan baru. Mau tak mau, siap tak siap harus dilakukan bila tak ingin tertular virus Corona,” katanya.

BACA JUGA : Protokol Kesehatan di Malioboro Harus jadi Prioritas

Karena penggunaan masker yang benar bisa mencegah orang tertular. Atau orang lain yang terkena COVID-19 menularkan kepada yang lain.

Tapi, menurut pengamatan Budi di lapangan, tidak semua masyarakat memakai masker. Padahal, masker mudah ditemukan di mana-mana. Harganya juga terjangkau.

Tapi, mereka belum menyadari pentingnya memakai masker. Menganggap virus Corona tidak ada.

“Menjadi tugas kita bersama agar masyarakat mau pakai masker,” ujarnya.

Budi hanya mengingatkan, masih membutuhkan waktu lama masyarakat berhadapan dengan COVID-19. Salah satu cara yang dilakukan adalah menerapkan protokol kesehatan. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA