oleh

Masih Ditemui Wisatawan Tak Pakai Masker

BERITA649.com – Organisasi sosial Anak Korps Baret Merah (AKBM) DIY menyatakan sosialisasi protokol kesehatan perlu diintensifkan.

Pasalnya, belum semua masyarakat secara konsisten melaksanakan adaptasi kebiasaan baru pada pandemi virus corona.

“Selama membagikan masker di kota Yogyakarta dan empat kabupaten se DIY, banyak ditemui warga yang belum pakai masker,” terang Sigit Ngatiran kepada BERITA649.com acara bagi-bagi  masker dan edukasi protokol kesehatan di Pasar Argosari Wonosari, Gunungkidul (29/10/2020).

Sejak 11 Oktober hingga hari ini, AKBM telah membagikan 2 ribu masker. Sasaran penerima kebanyakan adalah para pedagang dan warga yang berada di tempat keramaian.

BACA JUGA: Menhub Minta Balik Sebelum 1 November

Pengamatan AKBM,  masyarakat juga setengah hati menyikapi pandemi COVID-19. Ada yang percaya virus corona, ada pula yang tidak.

Ada yang percaya, tapi tidak menerapkan protokol kesehatan. Ada juga warga yang menganggap virus corona tidak berbahaya.

“Kenyataan itu yang kami temui di lapangan. Ini yang perlu menjadi atensi bersama,” kata Sigit yang tinggal di Kalasan, Sleman.

BACA JUGA: Pengantin Kampanye Protokol Kesehatan di Mal

Sigit mengatakan penganan COVID-19 membutuhkan kebersamaan. Kebersamaan melaksanakan protokol kesehatan secara konsisten.

Mulai memakai masker, mencuci tanga dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

Liburan panjang kali ini juga harus disikapi secara bijaksana. Jikapun terpaksa harus liburan ke luar kota, harus mematuhi protokol kesehatan.

Karena masih ditemui wisatawan tidak tertib melaksanakan 3M, terutama memakai masker di tempat umum.

Sementara pengelola wisata atau masyarakat yang didatangi wisatawan juga bisa menerapkan protokol kesehatan dengan benar.

“AKBM angkat jempol bagi siapa saja yang telah disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Mari tetap sehat di masa pandemi,” kata Sigit. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA