oleh

Mahasiswa UMY Diminta Ikuti Anjuran Pemerintah

BERITA649.COM – Bagian Operasi Satuan Tugas Incident Command System (ICS) Mitigasi COVID-19 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meminta mahasiswa harus tetap siaga. Tidak mengabaikan protokol kesehatan.

Pesan itu disampaikan dr Iman Permana MKes PhD setelah beberapa mahasiswa UMY terkonfirmasi positif karena riwayat kontak erat dengan pasien, keluarga atau teman yang positif COVID-19.

“Salah satu kasus mahasiswa kami yang positif karena kontak erat dengan salah satu keluarganya,” kata dr Imam (3/12/2020).

Berdasarkan penelusuran dan kesaksian yang dilakukan ICS Mitigasi COVID-19 UMY,  terjadi kontak di kafe. Pasalnya, bila sudah berkumpul di kafe sambil makan dan minum tidak akan menggunakan masker.

BACA JUGA: Pemantau Harus Bisa Yakinkan Pilkada Tidak Jadi Klaster Baru

Mereka juga tidak menjaga jarak. “Tapi semoga saya salah,” katanya.

Dokter Iman hanya meminta mahasiswa menyadari urusan COVID-19 ini tidak saja menjadi urusan sendiri. Karena mesti melibatkan orangtua dan lingkungan kampus.

Selain itu, kejujuran mahasiswa jika terkonfirmasi positif sangat penting. Mereka bisa melaporkan diri kepada IC Post Prodi yang sudah dibentuk  ICS UMY.

UMY juga telah menyediakan tempat isolasi di Unires Utara untuk menampung civitas yang terkonfirmasi positif maupun yang sedang menunggu tes swab.

“Ada satu kasus dimana dia sudah sakit hampir 2 minggu. Tapi tidak terbuka karena takut akan menghambat studi. Dia harus mengikuti kegiatan offline di kampus. Ternyata  dia menjadi sumber penularan kepada yang lain,” bebernya.

Itulah sebabnya,  ICS dan pimpinan UMY mengharapkan kesadaran mahasiswa  selalu mengikuti anjuran pemerintah. Jaga jarak, sering mencuci tangan dan memakai masker sesuai ketentuan.

Selain itu jaga kondisi tubuh dengan tetap mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Tetap beraktivitas fisik dengan aman. (mkb/asa)

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA