oleh

Mahasiswa UGM yang Diterima Tanpa Tes Ini Sedih, Mengapa?

YOGYAKARTA – Inilah profil mahasiswa UGM dari keluarga tak mampu yang mendulang prestasi akademik. Namanya Tiara Yosianti Solekhah.

Gadis berusia  17 tahun ini biasa dipanggil Tiara. Perempuan berjilbab dan berkacamata minus ini tinggal di kampung Klitren Lor GK3/353 Gondokusuman, Yogyakarta.

Rumah yang ditempati sederhana. Itupun milik kakeknya.

BACA JUGA : BIOSKOP TRANSTV Malam Ini: Hampir Terbunuh, Parker Bikin Perhitungan

Ayahnya Mujono, 55 tahun, bekerja sebagai buruh. Menerima upah Rp 550 ribu per bulan.

Sedangkan ibunya, Sumiyati, 55 tahun, hanya seorang wanita yang mengurus rumah. Sementara kakak kandungnya mengalami gangguan kejiwaan sejak setahun lalu.

Ia mengaku sering dilanda sedih. Keadaan yang dialami juga sering membuat saya tidak bisa konsentrasi belajar.

BACA JUGA : Ini 6 Standar Klasifikasi Sepeda Polygon, Anda yang Mana?

“Tapi saya yakin dalam setiap kesulitan  ada kemudahan. Alquran Surat  Al Insyirah atat 6 yang selalu saya jadikan pegangan tidak pernah putus asa,” katanya.

Kesabaran dan perjuangan Tiara berbuah manis dalam kehidupan. Sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, Tiara adalah pelajar berprestasi.

BACA JUGA : 6 Bulan, Baznas DIY Kumpulkan ZIS Rp 2 Miliar Lebih

Selalu berada pada peringkat tiga besar. Da juga kerap memborong kejuaraan. Antara lain Juara 1 OSN Ekonomi Tingkat Kota Yogyakarta. Lalu, Juara 2 Lomba Flag Football Tingkat DIY.

Hingga akhirnya, lulusan SMA 8 Negeri Yogyakarta ini diterima di Jurusan Statistik FMIPA UGM tanpa tes. Bahkan, biaya kuliah dibebaskan. Ia juga masih mendapatkan beasiswa KIP dari pemerintah.

BACA JUGA : Mau Wisata ke Yogyakarta dengan Aman dan Nyaman? Ini Caranya

“Saat saya akan kuliah di UGM, bapak dan ibu sempat bimbang. Tetapi akhirnya mendukung dan mengupayakan biaya sebisanya,” katanya.

Keinginan Tiara tak muluk muluk. Ia hanya ingin segera mendapatkan pekerjaan agar bisa membahagiakan orang tua. (#)

sumber: ugm | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA