oleh

Mantan Wakil Bupati yang Hobi Melukis dan Mancing

MASIH ingat Totok Sudarto, mantan wakil bupati yang pernah mendampingi HM Idham Samawi? Kini, Totok lebih banyak menghabiskan waktu berkumpul bersama isteri, anak-anak dan cucu. Sering berada di kediaman di perumahan JBA  wilayah Banguntapan, Bantul. Meski tak lagi berpolitik sejak kalah dalam pertarungan Pilkada Bantul tahun 2005, Totok masih menyempatkan diri mengikuti berita-berita politik. Termasuk hiruk-pikuk politik menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bantul tahun 2020.

TOTOK SUDARTO

“Saya melihat dinamika pilkada kali ini berbeda dibandingkan pemilihan sebelumnya,” katanya menganalisa.

Namun, Totok tidak mendiskripsikan secara rinci perbedaan itu. Ia hanya mengatakan, pilkada Bantul tahu 2020 menarik disimak. “Siapapun yang jadi, monggo sajalah. Yang penting, memberi manfaat bagi masyarakat,” katanya berharap.

Di sela-sela waktu, Totok juga menyempatkan diri menjalani hobinya menggores cat minyak di kanvas. Ya, melukis adalah kegiatan Totok yang menyenangkan. Ia rajin melakukan pameran. Ia berkali-kali memperlihatkan karyanya kepada publik di berbagai kota. Lukisannya bercerita tentang bencana alam, tentang kehidupan di masyarakat, tentang pergolakan manusia dan lukisan yang mengisahkan kemanusiaan.

Namun, kegiatan melukis tak menentu. Tergantung mood. “Kalau pas lagi “in”, bisa berhari-hari melukis,” tuturnya.

Satu lagi hobi Totok yang tak pernah dilupakan. Yakni, memancing. Ia pernah mancing di lautan. Tapi, belakangan Totok menyukai mancing ikan tombro dan nila di kolam. “Mancing itu mengasyikkan,” katanya.

EKSPRESIF: Karya Totok Sudarto.

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA