oleh

Liburan Panjang, DIY Banjir Wisatawan

BERITA649.com – Wisatawan yang liburan ke Daerah Istimewa Yogyakarta membludak. Semua lokasi wisata di Kota Yogyakarta, Sleman,Kulon Progo, Bantul dan Kabupaten Gunungkidul dipenuhi wisatawan domestik.

Wisatawan lokal dari berbagai kota di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera ini masuk ke  DIY rata-rata sejak tanggal 29 Oktober lalu.

Ketua Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan semua kelas hotel di DIY sudah penuh.

“Angkanya 95 persen lebih. Jumat pagi kemarin sempat turun pada angka 85 persen. Tapi malamnya naik lagi hingga 85 persen,” terang Deddy kepada BERITA649.com, hari ini (31/10/2020)

BACA JUGA: Antisipasi Penularan COVID-19, Hilangkan Kampanye Tradisional

Namun, pada libur panjang sampai 1 November besok, hanya 70 persen kamar yang dioperasikan. Maksimal 50 persen.

Salah satu wisatawan yang liburan di Kota Yogyakarta adalah Nurhidayat, asal Cilegon, Jawa Barat.

“Kami datang berombongan satu keluarga,” katanya.

Nurhidayat mengaku menemui antrian panjang selama perjalanan ke Kota Yogyakarta. Ia melewati Tol Cipali. Sesampai di Tol Bawen,  ia keluar melewati Ambarawa hingga Yogyakarta.

BACA JUGA: Masih Ditemui Wisatawan Tak Pakai Masker

Nurhidayat sudah menduga Kota Yogyakarta bakal kebanjiran wisatawan.

“Menurut saya wajar. Liburan kali ini menjadi kesempatan mudik dan liburan,” katanya.

Hotel di Kota Yogyakarta pun panen tamu. Berdasarkan pemantauan BERITA649.com, semua hotel kelas bintang, melati, termasuk homestay dipenuhi tamu.

Deddy bersyukur dengan kondisi ramainya hotel di DIY. Namun, Deddy tetap meminta pengelola hotel menerapkan protokol kesehatan.

Mulai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. (nik/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA