oleh

Lelah Akibat Pandemi? Ini Solusinya…

BERITA649.COM – Pernahkah mendengar istilah “kelelahan akibat pandemi”? Kelelahan akibat pandemi adalah reaksi terhadap kesulitan  berkelanjutan dan tidak terselesaikan dalam kehidupan masyarakat.

Juga dipengaruhi faktor demotivasi dalam mencari informasi apapun tentang COVID-19. Orang yang mengalami lelah akibat pandemi umumnya akan  merasa terasing dan putus asa.

Lantas, bagaimana cara mengatasi? Pemerintah DIY melalui akun Halaman Pemda DIY mengatakan, World Health Organization merilis lima langkah mencegah kehidupan agar jauh dari kelelahan akibat pandemi atau pandemic fatigue.

Pertama, saling memotivasi dan membantu orang lain yang membutuhkan. Jangan egois. Bangun siaturahmi dan interaksi sosial yang positif.

BACA JUGA: Lalai Prokes, Sekolah Bisa jadi Klaster Penularan

Kedua, melakukan diskusi dengan orang lain tentang perilaku yang direkomendasikan.

Ketiga,  mengembangkan panduan hidup aman dan nyaman. Langkah ini penting agar hidup tidak disiksa gelisah.

Keempat, semuar orang tidak ingin tertular atau menulari yang lain. Tindakan yang harus dilakukan adalah menyiapkan solusi aman terhadap kemungkinan risiko terular virus corona.

Kelima, membangun komunikasi positif dengan orang lain. Saling mengingatkan. Hindari untuk saling menyalahkan, menakuti, atau mengancam orang lain. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA