oleh

Kualitas Udara Membaik saat Pandemi Virus Corona

BERITA649.COM – Menekan polusi udara, Pemkot Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Purpose Climate Lab, lembaga advokasi internasional yang berpusat di New York.

Salah satu bentuk kerjasama yang telah dilakukan berupa pemasangan alat deteksi udara.

“Alat ini telah dipasang di SDN Gondolayu, Jalan Jendral Sudirman, dan SD Tumbuh 3,” kata Desi, perwakilan Purpose Climate Lab di Balikota hari ini (18/1/2021).

Kata Desi, kondisi kualitas udara bisa dipantau secara langsung Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengungkapkan ada perbaikan kualitas udara perkotaan selama pandemi dibandingkan sebelum pandemi.

BACA JUGA: Ini Cara Atasi Stres pada Pandemi COVID-19

Faktornya adalah berkurangnya aktivitas masyarakat menggunakan kendaraan bermotor.

Program pendukung penanggulangan polusi perkotaan antara lain mempertahankan dan menambah luasan lahan penghijauan perkotaan, gerakan mencintai dan menanam pohon, serta pengawasan pengelolaan lingkungan perusahaan.

Pengguna kendaraan bermotor juga disarankan memakai bahan bakar bebas timbal. Lalu, menggalakkan budaya bersepeda untuk mengurangi polusi.

“Kami telah membuat jalur wisata sepeda. Jalur tersebut bisa diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS),” kata Wawali.

Wisata sepeda diharapkan dapat mengurangi polusi udara, sekaligus meningkatkan geliat pariwisata. Sehingga kebangkitan ekonomi Kota Yogyakarta dapat berjalan cepat.

Wawali berharap momentum bersepeda terus dilakukan jika pandemi telah berakhir. Bersepeda bisa menjadi kebiasaan baru. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA