oleh

Kondisi Membaik, Pedagang Pasar Beringharjo Jalani Isolasi di Rumah

YOGYAKARTA – Masih ingat Sugiarti, pedagang Pasar Beringharjo Timur yang dinyatakan positif Covid-19? Alhamdulillah, pedagang yang sehari-harinya berjualan sayur nangka muda itu telah kembali ke rumah di kampung Jagalan Ledoksari PA I / 27 RT 02  RW I Kelurahan Purwokinanti Kecamatan Pakualaman.

Adalah Ketua RW I Kelurahan Purwokinanti, Agus Jink yang mengabarkan Sugiarti telah kembali berkumpul bersama suami dan anak-anaknya.

“Alhamdulillah. Bu Sugiarti sudah diperbolehkan pulang,” kata Agus menyampaikan berita tersebut kepada BERITA649.com, siang ini (22/9/2020).

Sugiarti pulang tanggal 19 September lalu. Selama dua minggu lebih, Sugiarti dirawat di rumah sakit setelah terkonfirmasi positif Covid-19 . Warga Jagalan mengetahui Sugiarti positif Covid-19 tanggal 13 September lalu.

BACA JUGA : Hari Ini, Bambang Wisnu Handoyo Mengundurkan Diri

Informasi tersebut disampaikan pihak rumah sakit kepada pengurus wilayah. Pasca menerima kabar itu, Agus  langsung melakukan rapat pengurus kampung. Hasil pertemuan, warga melakukan penyemprotan disinfektan di semua wilayah kampung.

Warga juga memenuhi seluruh kebutuhan keluarga secara gotong royong. Pasalnya suami, anak dan kerabat Sugiarti menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ada lima orang yang berada di rumah. Lalu, semua keluarga diswab. Hasilnya, suami dan dua anaknya dinyatakan positif Covid-19 status OTG. Saudara perempuan Sugiarti juga positif OTG. Sedangkan anak sulung Sugiarti negatif.

“Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga juga masih melakukan penyemprotan wilayah,” terang Agus Jink.

BACA JUGA : Status OTG, Begini Kondisi Herry Zudianto Malam Ini

Relawan KTB Jagalan, Apriyanto mengatakan, penyemprotan dilakukan setiap hari. Biasanya dilakukan pukul 09.00 – 10.00 pagi. Warga bergiliran melakukan penyemprotan. Wilayah yang disemprot disinfektan meliputi RT 1 hingga RT 6.

Kata Apri, penyemprotan  rutin ini membuat warga tenang. Tetangga yang berdekatan dengan Sugiarti juga tidak lagi ketakutan. Warga justru memberi motivasi agar Sugiarti dan keluarga segera sehat. Dapat melakukan kegiatan normal seperti hari-hari sebelumnya.

Berdasarkan arahan dari tenaga medis, Sugiarti dan keluarganya menjalani masa karantina mandiri sampai tanggal 29 September mendatang. Setelah itu, Sugiarti bebas melakukan kegiatan apa saja. Termasuk kembali berjualan di pasar.

BACA JUGA : 436 Pegawai Ikuti Sosialisasi Digital Banking

“Tapi, tetap harus hati-hati. Tertib protokol kesehatan,” pesan Agus Jink.

Kabar pulangnya Sugiarti terdengar di Pasar Beringharjo. Kepala SubBag Umum dan Kepegawaian Disperindag Kota Yogyakarta,  Anis Supriyanti SSip gembira dengan kepulangan Sugiarti.

“Ikut senang. Ikut bungah. Semoga Bu Sugiarti makin sehat. Bisa berjualan lagi,” kata Anis.

Tidak perlu takut berjualan. Hanya membutuhkan kedisiplinan melaksanakan protokol kesehatan. Seperti pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

 

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA