oleh

Komitmen UMBY Cetak Konselor Profesional

SLEMAN – Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Stadium General secara online. Diikuti 200 peserta.

Pembicara Dr Suwarjo MSi mengatakan para konselor perlu memiliki identitas diri yang jelas. Menunjukkan keaslian diri apa-adanya.

“Konselor tidak mengorbankan privasi diri. Juga tidak mudah mengalami kejenuhan dalam melaksanakan pekerjaan,” kata Suwarjo.

Sementara pembicara Dr Muslihati SAg MPd mengingtkan pentingnya guru BK untuk menerapkan higher order thinking skills (HOTS). HOTS mempunyai peran membantu peserta didik agar mampu berpikir kritis, tidak melakukan tindakan yang  merugikan.

BACA JUGA: Bank BPD DIY Sumbang Ambulans untuk RSA UGM

Konselor harus menghindari ekspektasi berlebihan. Misalnya  menyelesaikan permasalahan dengan bantuan konselor. Sebaliknya konselor harus memiliki kemampuan meyakinkan  memiliki potensi  bisa menyelesaikan masalah sendiri.

Sementara Natri Sutanti MA mengingatkan konselor tidak berpuas diri. Terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta didik.

Konselor juga perlu memiliki indikator keberhasilan layanan untuk melihat layanan konseling yang telah diberikan.

BACA JUGA: 14 Tahun, Fortais Nikahkan 8.500 Pasangan Mempelai

Indikatornya bisa menunjukkan perubahan positif, dan konseli menunjukkan pencapaian yang baik.

Kaprodi Bimbingan dan Konseling, Luky Kurniawan MPd menyatakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY)  terus mendorong para konselor di sekolah memiliki knowledge, competence dan personality attributes.

“Ketiga hal tersebut penting dimiliki mahasiswa sebagai  seorang konselor  profesional,” kata Lucky. (nik/asa)

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA