oleh

Komite Darurat Dukung Pengembangan Vaksin yang Aman

BERITA649.COM –  Komite Darurat  melakukan pertemuan kelima tanggal 29 Oktober 2020 pukul 12:30 hingga 16:05 waktu Jenewa.

Pertemuan ini diselenggarakan  Dirjen WHO berdasarkan International Health Regulations (IHR) (2005) mengenai penyakit coronavirus (COVID-19).

Pertemuan tersebut, seperti dilansir who.int ,menghasilkan sederet pernyataan.

Antara lain mendukung pengembangan dan akses yang adil ke diagnostik, terapi dan vaksin yang aman dan efektif, melalui Access to COVID-19 Tools (ACT) Accelerator.

Terus bekerja dengan semua mitra Akselerator ACT untuk memberi kejelasan tambahan kepada negara-negara.

BACA JUGA: Badan POM: Kemanfaatan Lebih Tinggi dari Risiko

Yakni, penjelasan mengenai  proses untuk memungkinkan akses yang adil dan tepat waktu ke diagnostik, terapeutik, dan vaksin. Termasuk dalam pengaturan kemanusiaan.

Pertemuan juga sepakat mempercepat dukungan untuk meningkatkan kesiapan negara untuk pengenalan vaksin COVID-19 dengan memberi panduan, alat, dan bantuan teknis untuk bidang-bidang kritis.

Seperti strategi vaksinasi, penerimaan dan permintaan vaksin, pelatihan, pasokan dan logistik dengan fokus pada rantai dingin, dan memantau penyerapan dan keamanan vaksin.

Komite Darurat juga menyatakan perlunya membentuk gugus tugas multidisiplin nasional. Lalu, menilai kemajuan menggunakan alatpenilaian kesiapan pengenalan vaksin COVID-19 (VIRAT).

Serta menyiapkan rencana penyebaran dan vaksinasi nasional. Outputnya adalah dapat berfungsi sebagai rencana operasional holistik untuk pengenalan vaksin COVID-19.

Penekanan kuat harus diberikan pada komunikasi dengan masyarakat untuk mempersiapkan vaksinasi COVID-19.  (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA