oleh

Kenali Ciri Anak Stres pada Pandemi Virus Corona

BANTUL – Situasi  pandemi  virus corona menjadi rentan bagi  psikologis anak. Beberapa perubahan perilaku  anak menjadi  alarm  terhadap kondisi mental.

Ekspresi cemas dan stres yang dialami anak  berbeda dengan orang dewasa.  Anak stres dan cemas  biasanya ditandai perubahan pola perilaku.

Misalnya  mudah marah, rewel sepanjang hari, menjadi sangat lekat, serta pola makan dan tidur yang berlebihan.

BACA JUGA : Hati Hati, Ini Penyebab Kanker Usus Besar

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMBY) Yogyakarta, Dr Triana Noor Edwina DS MSi Psikolog, mengatakan, kondisi tersebut perlu menjadi perhatian orang tua.

“Karena akan berpengaruh pada kondisi psikologis ke depan. Juga berpengaruh pada atmosfer di rumah,” kata Triana pada kegiatan pengabdian masyarakat di PAUD Bintang-Bintang  Terpadu di Sedayu (21/8/2020).

Tema  yang diusung “Psikoedukasi dan Literasi Digital untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak”. Selain Triana, juga menghadirkan pembicara Arita Witanti ST MT dan  Angelina Dyah Arum S MPsi Psikolog.

Menyikapi perilaku anak pada pandemi virus corona,  orangtua sering mengajak diskusi. Misalnya  menanyakan apa saja yang dipikirkan dan dirasakan anak.

BACA JUGA : Pegiat Facebook yang Tak Pernah Bikin Status, tapi Rajin Ucapkan Ulang Tahun

Lalu, mencoba menenangkan pikiran si anak. Melakukan tindakan yang memberi rasa aman. Mendorong anak  terus berinteraksi dengan keluarga dan teman. Lalu, membuat kesepakatan dan konsekuensi  peraturan baru selama belajar di rumah.

Angelina Dyah Arum S menambahkan,  banyak yang berubah pada wabah virus corona. Mulai  perubahan suasana hingga perubahan mental anak-anak.

Pada awal school from home, orang tua mengeluh menghadapi anak-anak. Kewalahan dengan kebiasaan baru.

“Gerak anak-anak dibatasi. Kebutuhan berinteraksi dengan teman juga terbatas,” kata Angel. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA