oleh

Kebanyakan Mengalami Gejala Ringan

BERITA649.COM – Mengalami pilek, merasa lelah atau masuk angin? Apakah ini lantas dikatakan tertular virus corona?

WHO  menyatakan kebanyakan orang yang terinfeksi virus mengalami gejala-gejala ringan. Seperti batuk dan demam tinggi. Mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Kelompok yang berisiko mengalami sakit parah adalah orang lansia (lanjut usia) dan orang yang memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes atau paru-paru.

Fasilitas kesehatan harus diutamakan bagi orang-orang yang berisiko mengalami gejala parah atau kebutuhan pengobatan serius lain.

BACA JUGA: Ini Dia, Wisuda Tertib Protokol Kesehatan

Dikhawatirkan bila semua orang yang sekadar merasa terpapar virus pergi berobat, sarana kesehatan akan kewalahan.

Bila sakitnya ringan, istirahat saja di rumah. Selalu pantau kondisi badan. Makan makanan bergizi dan cukup minum air. Selalu jaga jarak dengan anggota keluarga lain minimal 1 meter dan menggunakan masker.

Bila ada orang yang membantu pekerjaan di rumah, dia juga harus menggunakan masker. Gunakan perlengkapan makan minum yang terpisah dari anggota keluarga lain.

Sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Bersihkan permukaan benda seperti gagang pintu, meja dan lain-lain dengan disinfektan. Bila kondisi memburuk, khususnya dengan demam tinggi dan sesak napas, segera telpon atau pergi ke puskesmas atau rumah sakit.

Seperti dilansir  covid19.go.id  tanggal 20 Maret lalu, jangan membawa anak saat periksa. Anak-anak tetap tinggal di rumah. Bila memungkinkan, jangan menggunakan kendaraan umum. Virus corona dapat menyebar di jarak dekat dari orang sakit melalui percikan yang dikeluarkan saat batuk, bersin atau napas.

Virus juga dapat menyebar karena menyentuh benda yang telah terpapar virus. Para ahli memperkirakan satu orang sakit dapat menulari 2-3 orang lain. Kuncinya, tetap tenang menghadapi pandemi virus corona. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA