oleh

Keamanan Vaksin bagi Masyarakat adalah Prioritas

JAKARTA – Satgas Penanganan COVID-19 terus mengedukasi masyarakat untuk memerangi pandemi COVID-19.

Juru Bicara  Prof Wiku Adisasmito mengatakan masyarakat perlu mengetahui istilah  terkait vaksinasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman informasi.

Vaksin adalah  zat yang dimasukkan dalam tubuh manusia yang akan menstimulasi sistem kekebalan tubuh manusia. Vaksin ini akan melindungi manusia dari penyakit.

Imunisasi adalah proses yang membuat tubuh manusia terlindung dari penyakit melalui vaksinasi. Sementara imunitas adalah kemampuan kekebalan tubuh memerangi penyakit.

BACA JUGA: Kampanye Perubahan Perilaku di Pondok Pesantren

“Apabila terjadi imunisasi, akan terbentuk imunitas. Dan, akhirnya kita bisa terlindungi,” kata Wiku dalam keterangan pers yang disampaikan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden (15/10/2020).

Saat ini terdapat kandidat vaksin yang dipersiapkan pemerintah. Yakni, sinovac, sinopharm, kansino, astra zeneca dan genexine. Namun sebelum vaksin-vaksin itu diproduksi secara massal,  harus lulus tahapan uji klinis.

Uji klinis bertujuan memastikan keamanan pada manusia, termasuk menentukan takaran dosis yang aman.

BACA JUGA: Memastikan Negara Selalu Hadir saat Rakyat Terdampak Bencana

“Saya ulangi sekali lagi, keamanan vaksin bagi masyarakat adalah prioritas dan tugas utama pemerintah,” tandas Wiku.

Peta jalan atau roadmap vaksin akan menjadi langkah konkrit menjalankan vaksinasi. Dilakukan berdasarkan tingkat risiko di masyarakat. Juga meliputi rincian dan alokasi bagi prioritas vaksinasi dalam tahap finalisasi.

Wiku mengatakan pemerintah akan mengedepankan asas keadilan. Masyarakat diminta bersabar dan memantau informasi resmi dari pemerintah.

Seluruh alokasi prioritas mempertimbangkan kriteria dan prioritas penerima serta wilayah. Pelaksanaan mengacu Perpres 99 Tahun 2020. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA