oleh

Jogja Bike di Malioboro, Nasibmu Kini…

BERITA649.COM – Masih ingat program Jogja Bike yang dikenalkan sekitar April 2019? Kini gerakan wisata bersepeda di kawasan Malioboro dan sekitarnya itu nyaris tak ada kabarnya. Puluhan sepeda yang dulu  digunakan wisatawan domestik, kini tidak terlihat lagi.

Dulu, di sepanjang Malioboro terdapat “terminal” sepeda. Tempat parkir sepeda onthel dan sepeda gunung ini berada di sisi timur sepanjang Jalan Malioboro. Bisa ditemui mulai selatan parkir Abu Bakar Ali hingga utara pintu masuk Pasar Beringharjo sisi Barat.

“Padahal, program Jogja Bike itu bagus. Selain berwisata dengan cara murah, bersepeda juga mendukung upaya mengurangi dampak polusi udara akibat pembuangan kendaraan bermotor,” kata Yani.

Sekadar mengingatkan, pengunjung Malioboro yang ingin memanfaatkan sepeda bisa download aplikasi Ina Bike di Google Play Store atau iOS App Store. Biaya sewa sekali jalan cukup terjangkau. Hanya Rp 5 ribu per trip.

Namun, entah mengapa, gaung program wisata bersepeda ini menjadi tidak lagi terdengar. Datangnya pandemi virus corona sejak awal Januari 2020 juga menjadi faktor “hilangnya” program Jogja Bike di Malioboro. (aza/asa)  

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA