oleh

Jepang Bantu 12.200 Tablet Avigan, Hibah 200 Ribu Masker

BERITA649.com – Kementerian Kesehatan RI menjalin kerjasama dengan Pemerintah Jepang dalam bidang kesehatan dan khusus untuk penanganan COVID-19.

Kerjasamatelah disepakati melalui Memorandum of Cooperation (MoC) yang ditandatangani Menteri Kesehatan RI dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia tanggal 19 Oktober 2020.

Area kerjasama meliputi kefarmasian dan alat kesehatan, pembangunan sumber daya manusia, pelayanan kesehatan, teknologi informasi kesehatan, pelayanan kesehatan lansia, pencegahan dan pengandalian penyakit, serta kesehatan lingkungan.

BACA JUGA: Relawan Turun Jalan, Ingatkan COVID-19 Masih Ada

Pada pandemi COVID-19 sekarang, Pemerintah Jepang menghibahkan kepada Pemerintah Indonesia berupa pengadaan mobile X-rays senilai 2 billion yen  atau setara Rp 280 miliar.

Lalu, 12.200 tablet Avigan kepada Badan Litbangkes Kemenkes RI untuk uji klinis di Indonesia.  Hibah 200.000 Masker yang didonasikan oleh Jakarta Japan Club (JJC) senilai Rp 800 juta kepada Kemenkes RI.

BACA JUGA: Menemui Sultan HB X, Mahasiswa Nyatakan Tak Lakukan Anarkisme

Hari ini, seperti disampaikan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Depkes RI, dilakukan audiensi antara Menteri Kesehatan RI dan Horyu Sinya Matsuzaki untuk bantuan penanganan COVID-19 di Indonesia.

Rencananya akan dikirim bantuan sebesar 35 juta yen untuk Indonesia.

“Kami terus berupaya mengentaskan masalah pandemi COVID-19 dan menyelamatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Kami mengapresiasi berbagai pihak yang memberi bantuan untuk penanggulangan COVID-19,” kata Menkes Terawan. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA