oleh

Jaga Protokol Kesehatan, Relawan Amankan Harta Warga

BERITA649.COM  – Sehari setelah aktivitas Gunung Merapi meningkat menjadi “Siaga”, warga  menyesuaikan diri.

Penduduk yang berjualan di lereng selatan Merapi langsung mengamankan barang dagangan.

Di Kinahrejo, misalnya. Warga dibantu relawan mengemas barang-barang dagangan. Mulai makanan minuman, cindera mata, kerajinan, kaos dan barang-barang kerajinan.

Mengantisipasi penularan virus corona, para relawan dalam melaksanakan tugasnya tetap menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Punokawan Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

BAGI-BAGI MASKER: Warga membawa masker. (azam/berita649.com)

Antara lain memakai masker. Namun, dari pantauan jurnalis BERITA649.COM, tidak semua penduduk di lereng selatan Gunung Merapi memakai masker.

Ini adalah hari kedua warga mengemasi barang dagangan. Kemarin, sebagian barang dagangan telah dibawa turun ke Hunian Tetap Karang Kendal, Balong, Cangkringan, Sleman.

Jaraknya sekitar empat kilometer dari Kinahrejo. Siang tadi sehabis Jumatan, warga kembali melanjutkan memindahkan barang ke rumah masing-masing.

Pemindahan barang dibantu relawan. Menggunakan dua kendaraan truk. Mengangkut barang dagangan Bu Murni, isteri Jurukunci Merapi. Sebagian lagi mengangkut barang dagangan milik Bu Panut.

BACA JUGA: Tingkat Kesembuhan Pasien di DIY 80,14 Persen

Sementara Jarwo Santoso, relawan dari Karang Semut, Imogiri, Bantul membantu mengusung barang dagangan milik Mbah Udi, adik kandung Mbah Maridjan.

“Nanti kalau kondisi Merapi sudah normal lagi, kami bantu membawa dagangan ke Kinahrejo lagi,” kata Jarwo sembari memasukkan barang di bagasi mobil sedan.

Pemindahan barang ini dihantui was-was. Pasalnya, dari perangkat HT terdengar berkali-kali suara sinyal bergelombang.

Suara ini menandakan terjadi guguran dari puncak Merapi. Sebagian  relawan melihat kondisi Gunung Merapi, sebagian lagi mengangkut barang ke kendaraan. (nik/asa)

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA