oleh

Jaga Kekebalan Tubuh dengan Buah dan Sayuran

BERITA649.COM – Menyikapi pandemi COVID-19 yang belum mereda, masyarakat tetap harus menjaga kekebalan tubuh. Bagaimana caranya?

Salah satunya melalui konsumsi makanan.  Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan Kementerian Kesehatan  berpesan agar masyarakat jangan melewatkan buah dan sayur  saat makan pagi siang atau malam.

Buah dan sayur kaya kandungan antioksidan dan vitamin. Warna-warna buah dan sayur mewakili beta karoten, polifenol, vitamin C, likopen dan berbagai jenis vitamin B yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda bisa memilih buah kesukaan. Bisa apel, alpukat, belimbing, delima, jeruk, mangga, manggis, pisang, markisa, nanas, pepaya, rambutan, sirsak dan buah-buah lain.

BACA JUGA: Dunia Pariwisata Menderita, Berharap Keadaan Makin Baik

Selain itu, sayur kaya serat. Tak hanya melancarkan buang air besar (BAB). Tapi juga menghasilkan probiotik dalam usus besar untuk kekebalan tubuh.

Lantas, sayur apa saja yang bisa dikonsumsi?  Ada daun hijau, terong, wortel, kecambah, labu kuning, brokoli, dan sayuran lain yang disuka.

Tapi, jangan lupa.  Buah buahan dan sayuran harus dicuci bersih sebelum dimasak. Setelah mengkonsumsi buah dan sayuran, luangkan waktu untuk olah raga atau berjemur sinar matahari pada pagi hari.

Olahraga juga penting untuk menambah kekebalan tubuh.  Satu lagi, jangan stres menjalani hari-hari sulit di tengah pandemi COVID-19.

Stres mengurangi kekebalan tubuh. Lalu, istirahat yang cukup. Bila merasa mempunyai masalah atau persoalan karena khawtir terhadap penularan virus corona, sebaiknya dikomunikasikan dengan  keluarga.

Mengikuti informasi virus corona itu penting.  Tapi tak kalah penting menyempatkan diri bersantai, bermain dengan keluarga, dan memasak di rumah.

Dengan melindungi diri, Anda juga melindungi yang lain. (nik/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA