oleh

Iri Dengki Justru Gerogoti Kebahagiaan

YOGYAKARTA – Penyakit  hati adalah  keadaan yang sering menggoda manusia. Salah satu bentuk penyakit hati adalah cemburu, iri dan dengki.

Ustadz Dr Khoirudin Basyori yang akrab disapa Irut mengatakan, perasaan iri dan dengki sering terjadi pada manusia.

“Kehidupan ini pada hatikatnya dipegilirkan. Karena itu, untuk apa meletakan bara dalam hati dengan rasa iri dan dengki kepada orang lain?” tanya Psikolog yang pernah menjadi rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Banyak faktor yang membuat manusia memiliki rasa iri dan dengki. Misalnya ingin memadamkan cahaya orang lain. Kata Irut, nafsu iri dengki ini pun tidak akan pernah mampu membuat sinar dirimu lebih cemerlang.

BACA JUGA: Wawali Sebut Kawasan Malioboro Masih Aman

Seperti ceramah Dr Khoirudin Baysori yang diposting melalui akun facebook pribadinya, Iri dengki justru menggerogoti kebahagiaan manusia. Juga mempertanyakan keyakinan manusia pada rezeki Sang Pengatur Waktu.

Irut yang juga dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ini lantas mengutip QS An-Nisa ayat 32 yang berbunyi:

وَلَا تَتَمَنَّوْا۟ مَا فَضَّلَ ٱللَّهُ بِهِۦ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِّلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبُوا۟ ۖ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيبٌ مِّمَّا ٱكْتَسَبْنَ ۚ وَسْـَٔلُوا۟ ٱللَّهَ مِن فَضْلِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا

Artinya: Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain.

(Karena) bagi orang laki-laki ada bagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan.

Dan, mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Positif Covid-19, PKL Malioboro Meninggal

Dai yang tinggal di Kotagede ini juga mengingatkan hadist riwayat Abu Daud yang menyebutkan: Jagalah dirimu dari hasad. Karena sesungguhnya hasad merusak kebaikan, sebagaimana api yang memakan kayu bakar.

“Berhentilah  iri dan dengki. Karena nafsu iri dengki tidak akan pernah mampu membuat sinar dirimu lebih cemerlang,” kata Irut. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

 

 

 

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA