oleh

Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Disuntik Vaksin ke-2

SLEMAN – Pakar Virologi dan Imunologi  UGM,  dr  Mohamad Saifudin Hakim MSc PhD mengatakan tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan sebelum divaksin.

“Tidak ada persiapan spesifik  dari sisi medis,” katanya seperti dilansir ugm.ac.id (12/3/2021).

Hanya, sebelum pemberian vaksin, masyarakat harus  menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

Selanjutnya, istirahat yang cukup. Hindari melakukan kegiatan berat yang mengakibatkan kelelahan. Saat menerima vaksin, kondisi tubuh dalam keadaan prima.

Perlukah mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri pasca vaksinasi? Hakim mengatakan obat pereda nyeri tidak disarankan. Karena injeksi vaksin hanya menimbulkan nyeri yang ringan.

“Obat pereda nyeri hanya diberikan atas indikasi dokter pada kondisi tertentu,” terangnya.

Sebelum divaksin, petugas kesehatan akan melakukan skrining riwayat kesehatan, termasuk alergi. Jika ada riwayat alergi berat terhadap komponen vaksin, vaksin tidak akan diberikan.

Hakim mengingatkan  agar masyarakat yang telah disuntik vaksin tetap patuh menerapkan protokol kesehatan 5M. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA