oleh

Ini Tips Jaga Mata Tetap Sehat saat Online

BERITA649.com – Pandemi COVID-19  membuat masyarakat belajar dan bekerja di  komputer, laptop, atau gadget. Kadang mata menjadi lelah karena berjam-jam menatap layar.

Bagaimana menjaga kesehatan mata ? Dokter Spesialis Mata Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr Tri Winarti SpM berbagi tips dengan metode 20-20-20. Apa maksudnya?

Setiap 20 menit mengalihkan pandangan dari layar komputer dengan memandang benda berjarak 20 sekitar 6 meter selama 20 detik. Cara ini dapat mengurangi ketegangan mata karena berjam-jam menatap layar.

“Ini adalah relaksasi mata. Bikin remainder di komputer atau menyalakan  alarm untuk mengingat ,” kata dalam webinar Menjaga Kesehatan Mata Selama Kelas Online di UGM,  21 Oktober lalu.

BACA JUGA: Mau Liburan Aman dari COVID-19? Ini Caranya

Cara lain yang bisa dilakukan mengatur tingkat kecerahan pada layar.  Kecerahan  layar  tidak terlalu terang atau  terlalu gelap.

Seperti dilansir ugm.ac.id, Tri Winarti menyarankan pencahayaan  jangan terlalu terang atau terlalu redup.  Tingkat aman adalah mengatur  50 persen.

Pengaturan  ruangan juga jangan dilupakan. Ruangan harus memiliki pencahayaan yang baik.  Mengatur level AC atau kipas angin tidak terlalu dingin atau kencang. Lalu, menghindari posisi hembusan angin ke arah wajah supaya mata tidak kering. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA