oleh

Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Kusumanegara

YOGYAKARTA – Jembatan baru yang melintang di kali Gajah Wong utara Gembira Loka Zoo di Jalan Kusumanegara mulai dibuka.

Rekayasanya begini. Semua kendaraan yang bergerak dari timur harus melewati jembatan baru di sisi selatan.

Sedangkan jembatan lama dilewati kendaraan dari arah barat. Kendaraan  yang bergerak dari barat dilarang belok selatan ke arah jalan Gembira Loka.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah memasang pagar pembatas jalan. Sementara kendaraan dari selatan Jalan Kebun Raya tidak bisa belok  timur ke arah Jalan Kusumanegara.

Sedangkan pada persimpangan SGM, kendaraan dari utara yang ingin ke arah jembatan wajib mengikuti lampu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).

BACA JUGA: Urus Kependudukan, Warga Diminta Miliki Email Paten

“Harapannya dengan rekayasa lalu-lintas yang baru, beban dan volume kendaraan dapat terdistribusi. Sehingga mampu memperpanjang usia teknis jembatan,” terang Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho.

Arif mengatakan tidak ada kendala pada pengalihan arus lalu lintas melewati jembatan baru. Hanya terjadi kepadatan kendaraan di sisi timur jembatan karena pertemuan kendaraan dari selatan arah Jalan Kebun Raya.

Dishub akan mencermati rekayasa lalu-lintas hingga seminggu mendatang.  Sementara Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta telah melakukan pembenahan untuk mengatasi genangan dan endapan pasir di timur jembatan.

Penyebabnya aspal tidak merata dan ada cekungan Pembenahan tersebut untuk keamanan dan keselamatan pengendara. (aza/asa)

 

>>> ASA

Avatar
Editor yang hobi menulis, main musik dan adventure

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA