oleh

Ini Kondisi Risiko Terkena COVID-19

BERITA649.COM – Tingginya mobilitas masyarakat pada masa pandemi COVID-19 berisiko tinggi terhadap penularan.

Satgas Penanganan COVID-19 menyarankan masyarakat tidak perlu melakukan perjalanan jauh jika tidak mendesak.

“Masyarakat  perlu mengenali risiko jenis mobilitas dan kegiatan yang dilakukan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito seperti dilansir kanal YouTube Sekretariat Presiden (15/12/2020).

Pertama, kondisi dengan risiko terendah. Yakni aktivitas di rumah dan hanya berinteraksi dengan keluarga inti. Melakukan perjalanan singkat dengan kendaraan pribadi dengan keluarga tanpa melakukan pemberhentian selama perjalanan.

BACA JUGA: BPBD DIY Gelar Program 1 Juta Masker

Kedua, kondisi lebih berisiko. Yakni perjalanan dengan kendaraan pribadi bersama keluarga tanpa melakukan permberhentian selama perjalanan.

Melakukan interaksi dengan bukan anggota keluarga inti di ruang terbuka dengan mematuhi 3M atau memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Ketiga, kondisi lebih tinggi berisiko. Yakni perjalanan dengan kendaraan pribadi bersama bukan anggota keluarga, perjalanan kereta atau bus jarak jauh.

Lalu, berinteraksi dengan beberapa orang yang bukan keluarga inti di ruang tertutup dengan sebagian besar mematuhi 3M.

Keempat, kondisi risiko tertinggi. Yakni, penerbangan dengan transit,  perjalanan dengan kapal atau perahu, dan berinteraksi dengan orang dari beragam sumber di ruangan tertutup dengan ventilasi buruk dengan sebagian kecil mematuhi 3M. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA