oleh

Ini Doa Komandan TRC BPBD DIY Setelah Posko Dibubarkan

YOGYAKARTA – Tak akan terdengar lagi suara sirine meraung-raung dari halaman BPBD DIY. Tidak akan terlihat lagi relawan berpakaian hazmat suite di markas Tim Reaksi Cepat  BPBD DIY.

Terhitung mulai hari dan seterusnya, BPBD DIY telah membubarkan Posko Dukungan Operasi Gugus Tugas Covid-19 DIY. Posko ini bertempat di kompleks BPBD DIY.

Adalah Wakil Ketua Sekretaris Gugus Penanganan Covid-19 Biwara Yuswantana yang menyatakan Posko Dukungan Operasi Gugus Tugas sudah dihentikan. Mengapa?

BACA JUGA :Bantu Panti Asuhan, Pedagang Patungan Beli Sembako

Alasannya,  gugus tugas di kota dan kabupaten telah berjalan. Setelah dievaluasi, gugus tugas di kota dan kabupaten se-DIY sudah bisa melakukan supervisi penangganan jenazah. Pelaksanaan dekontaminasi juga sudah oke.

“Karena pertimbangan itu, posko pendukung yang ada di BPBD DIY dihentikan,” terang Biwara.

Satu hari sebelum posko dibubarkan, puluhan relawan melakukan upacara. Upacara dipimpin Komandan TRC BPBD DIY Pristiawan Buntoro.

BACA JUGA : UPDATE COVID-19 DIY: Tambah 16 Kasus Positif

JADI KENANGAN TERINDAH: Pengarahan tiga hari sebelum pembubaran posko. (itonk trc bpbd diy)

Pristiawan mengatakan, empat  pelayanan utama yang dioperasikan sejak Maret lalu dihentikan. Pelayanan meliputi  fasilitas dekontaminasi kendaraan  dan personel, pemakaman protokol covid-19,  penyemprotan disinfektan di zona kasus  dan zona khusus; dan  cipta kondisi di zona kasus.

Selama enam bulan, posko ini telah melakukan pemakaman 279 warga menggunakan protap Covid-19, sebanyak 1.382 layanan dekontaminasi,

“Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh instansi, organisasi, komunitas relawan dan personel yang menyumbangkan segenap jiwa raga dalam penanganan pandemi Covid-19,” kata Pristiawan.

Berikut nama instansi yang disebut Pristiawan:

BACA JUGA : UPDATE COVID-19 DIY: Tambah 16 Kasus Positif

UPACARA TERAKHIR: Para relawan yang telah mengabdikan hidup untuk kemanusiaan. (aris konden)

TNI (KOREM 072/PMK, Yonif 403/WP, Kodim se-DIY); KBR BRIMOB POLDA DIY; BPO Dinas Pendidikan DIY;  Balai Prasarana Permukiman Wilayah DIY, Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR; Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

SAR DIY; PUSDALOPS BPBD DIY; -TRC BPBD Kota dan Kabupaten se-DIY; MDMC DIY;  PMI kota dan kabupaten  se-DIY;  PosGab Relawan Gunungkidul;  PosGab Relawan Kulon Progo;  Jajaran Kertopati Dinas Sosial Kota Yogyakarta;  Disaster Respon Unit (DRU) SAR DIY.

SAR DIY Distrik Bantul;  SAR DIY Distrik Gunungkidul;  SAR DIY Unit Wonokerto;  SAR DIY Unit Cangkringan;  SAR Satlinmas DIY;  SAR Satlinmas Kaliurang;  Save & Rescue Indonesia;  IOF Rescue; PSC 119;   Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta.

Relawan HAMKA DARWIS; Kapala AMPTA;  Pramuka KWARDA DIY; MENWA UNY;  Pareanom;  Code-X;  Komunitas Tugu Yogyakarta; Mergangsan Radio Community;  Risib 258; dan media massa.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi. Dan, kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan,” tutur Pristiawan. (#)

penulis: asa | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA