oleh

Ini Cara Memakai Masker yang Benar

YOGYAKARTA – Salah satu gerakan 3M adalah memakai masker. Tapi, memakai masker ada caranya. Begini. Sebelum mengenakan masker, cuci tangan terlebih dengan sabun dan air mengalir.

Pastikan masker yang ingin dipakai dalam keadaan bersih.  Jangan memakai masker yang kotor. Dicek terlebih dulu, apakah masker dalam kondisi rusak atau tidak.

Sesuaikan posisi masker agar menutupi mulut, hidung, dan dagu. Serta tidak menimbulkan celah pada kedua sisi wajah. Setelah masker dipasang, pastikan tetap nyaman ketika bernapas.

BACA JUGA : UMBY Menuju Top 100 World Class University

Bila masker yang dipakai dalam kondisi kotor atau basah, segera ganti dengan masker yang baru. Jangan memakai masker di bawah hidung, dagu atau di kepala. Fungsi masker adalah  menutupi mulut dan hidung agar tidak terkena virus.

Yang lebih penting lagi, jangan sentuh masker yang sedang dikenakan.  Bila masker hendak dilepas dan digunakan kembali pada hari yang sama, selalu siapkan tas atau kantung bersih untuk menyimpan masker.

Masing-masing anggota keluarga perlu menyediakan kantong plastik berbeda. Saat memasukkan atau mengeluarkan masker dari kantungnya,  cukup memegang tali masker tanpa menyentuh permukaan masker.

BACA JUGA: Ini Dia, Armada Patuh Protokol Kesehatan

Cara ini untuk menghindari kemungkinan kontaminasi. Sekali lagi jangan lupa mencuci tangan sebelum mengenakan masker. Lantas, bagaimana cara melepas masker?

Seperti biasanya. Cuci tangan terlebih dulu. Lepaskan masker dengan memegang bagian tali. Jangan sentuh bagian permukaan masker. Lalu, cuci tangan setelah melepaskan masker.

Jangan lupa, masker kain perlu dicuci setiap kali selesai digunakan. Kemudian simpan  dalam kantong yang bersih. Sementara masker medis adalah masker sekali pakai. Buang masker bekas ke tempat sampah bertutup. (unicef/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA