oleh

Ini Cara Kerja Vaksin COVID-19

BERITA649.COM – Pemerintah sedang siap-siap melakukan vaksinasi COVID -19.  Vaksin ini sebagai solusi menghentikan pandemi virus corona di Indonesia.

Lantas, bagaimana cara vaksin bekerja? Ini jawaban  Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang juga Vaksinolog, dr Dirga Sakti Rambe.

Kata Dirga, setelah disuntikan, vaksin akan merangsang sel-sel imunitas. Sel-sel itu ada leukosit, ada limfosit.

Fungsinya untuk merangsang pembetukan antibodi. Vaksin yang disuntikkan atau diteteskan ke tubuh manusia akan membentuk antibodi melawan penyakit tertentu.

BACA JUGA: Pandemi, Bisnis Ini Justru Meningkat 700 Persen

“Memiliki antibodi bisa diibaratkan memiliki pasukan yang sudah siap melawan saat terpapar penyakit. Misalnya bakteri atau jamur. Pasukan ini siap melawan,” terang dr Dirga.

Lantas, apa itu sistem imun?  Sistem imun atau sistem kekebalan adalah sel-sel dan banyak struktur biologis lain yang bertanggung jawab atas imunitas.

Yakni, pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar. Caranya dengan mengenali dan membunuh patogen.

Sementara respons kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing disebut respons imun. Agar dapat berfungsi dengan baik, sistem akan mengidentifikasi berbagai macam pengaruh biologis luar.

Seperti infeksi, bakteri, virus sampai parasit. Lalu, menghancurkan zat-zat asing lain. Memusnahkan dari sel dan jaringan organisme yang sehat agar tetap berfungsi secara normal.

“Saya ingin mengatakan, vaksin melindungi diri. Melindungi negeri,” katanya. (aza/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA