oleh

Ini Cara Hemat Penggunaan Data Internet

BERITA649.COM – Pengeluaran biaya untuk kebutuhan internet meningkat selama  pandemi COVID-19? Tenang, kini ada solusinya.

Pakar Teknologi Informasi dari UGM, Dr Ridi Ferdiana ST MT memiliki tips yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet.

Caranya dengan pendekatan perangkat dan pendekatan aplikasi. Pada pendekatan perangkat dikaitkan dengan fitur bawaan  atau dapat diaktifkan pada komputer maupun ponsel.

“Umumnya pada pelajar dan mahasiswa menggunakan dua perangkat tersebut,” kata Ridi seperti dilansir ugm.ac.id, hari ini (5/11/2020).

BACA JUGA: Sultan HBX Ajak Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Bagaimana caranya? Menghemat kuota data internet pada ponsel dilakukan dengan mengaktifkan fitur penghemat data.  Yakni data limit dan billing cycle.

Lalu, mematikan fitur auto sync, auto download, dan background data. Kemudian memperbarui atau update aplikasi secara manual dan selektif.

“Kurangi streaming atau menonton dengan resolusi rendah 5 Mbps,” saran Ridi.

Penghematan kuota yang menggunakan komputer bisa dilakukan dengan mengaktifkan metered connection saat melakukan tethering.

Selanjutnya set data limit, restrict background data, matikan update dan pengaturan sinkronisasi.

BACA JUGA: 30 Dusun di Lereng Merapi Masuk Kategori Bahaya

Ridi yang juga  kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM ini menerangkan  penghematan kuota data dengan pendekatan aplikasi.

Caranya, menggunakan kompresi data saat memakai aplikasi browser. Ketika menggunakan aplikasi video conference/meeting, matikan video dan audio saat tidak dibutuhkan.

Begitu pula saat hendak dinyalakan. Hidupkan saat diperlukan.

“Kurangi resolusi video ke 720 pixel. Karena video resolusi tinggi/HD cukup besar menyedot data,” ujarnya.

Selanjutnya matikan notifikasi dan auto upload pada aplikasi media sosial. Jangan lupa  memilih dan menggunakan aplikasi yang hemat data.

“Pilih aplikasi yang hemat data. Misalnya kalau WA ada WA Lite, Skype ada Skype Lite dan sebagainya,” terangnya. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA