oleh

Ini Cara Atasi Stres pada Pandemi COVID-19

BERITA649.COM – Dosen Fakultas Psikologi UGM, Drs Sentot Haryanto MSi PSi menyebut Indonesia sebagai supermarket bencana. Bencana alam maupun bencana sosial seperti teror, klithih dan lain-lain.

“Pada  pandemi virus corona, semua pihak mau tidak mau dituntut bisa berdampingan secara harmonis  untuk menghindari munculnya stress,” kata Sentot pada pada webinar Manajemen Stress: Semangat Berprestasi di Era Pandemi COVID-19 seperti dilansir ugm.ac.id.

Sentot heran. Masih saja ada orang tidak percaya COVID-19. Padahal, kondisi Indonesia saat ini memasuki situasi sangat luar biasa. Semua orang dituntut bisa menyesuaikan diri dengan kenormalan baru.

BACA JUGA: Penasaran, Masyarakat Tonton Merapi dari Ngrangkah

Kondisi tersebut berpengaruh terhadap kejiwaan penduduk. Kata Sentot, faktor munculnya stres antara lain karena kesejahteraan seseorang terancam. Tidak tersedia respon secara cepat dan tepat  mengurangi ancaman.

“Stres sangat bersifat individual. Bisa terjadi pada diri sendiri, tetapi tidak bagi orang lain. Faktor usia, jenis kelamin, pendidikan dan lain-lain sangat berpengaruh. Tetapi stes bisa juga bersifat situasional,” paparnya.

Stres dalam batas-batas tertentu diperlukan agar bisa menimbulkan gairah, tantangan, kewaspadaan dan sikap hati-hati. Tetapi stress yang melebihi ambang batas akan memengaruhi kondisi psikis, sosial dan religiusitas.

Sentot menyarankan masyarakat bisa mencetak prestasi pada pandemi virus corona. Dan, tetap berpikir positif.

Harus bijaksana memilih informasi yang benar dan penting. Menghindari informasi yang tidak penting. Lalu, memperbaiki komunikasi yang sinergis dan menyehatkan. (mkb/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA