oleh

Ini 6 Syarat Belajar Tatap Muka di Sekolah

BERITA649.COM – Pemerintah telah memutuskan pemerintah daerah dapat membuka sekolah tatap muka di masa pandemi COVID-19 mulai Januari 2021.

Sekolah tatap muka tahu 2021 diputuskan melalui surat keputusan  bersama (SKB) antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Keputusan ini juga disepakati  Satgas Penanganan COVID-19. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, belajar tatap muka diperbolehkan bukan diwajibkan.

Ada 6 syarat yang harus dipenuhi  bila sekolah ingin menerapkan pengajaran tatap muka. Yakni, sanitasi, fasilitas kesehatan, kesiapan menerapkan wajib makser, thermogun, pemetaan satuan pendidikan untuk mengetahui personil yang komorbid, serta persetujuan komite sekolah dan orang tua.

“Sekolah  tidak perlu full diisi siswa. Kapasitas maksimal 50 persen,” kata Nadiem pada pengumuman penyelenggaraan pembelajaran semester genap tahun ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19 secara virtual  (20/11/2020).

BACA JUGA: Sebagian Kubah Lava 2018 Ambrol

Orang tua  siswa dibebaskan  menentukan apakah anak diperbolehkan  masuk sekolah atau tidak. Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto mendukung lahirnya surat keputusan bersama.

Pasalnya, selama belajar di rumah  ada ancaman anak putus sekolah. Meningkatnya risiko stres pada anak. Terjadinya kekerasan pada anak,  dan kesenjangan capaian belajar.

“Dan learning loss yang tentu saja berpengaruh pada perkembangan anak,” kata Menkes Terawan seperti disiarkan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI.

Terawan menegaskan jajaran kesehatan berkomitmen meningkatkan peran Puskesmas melakukan pengawasan kepada satuan pendidikan dalam penerapan protokol kesehatan.

Mulai memakai masker, menjaga jarak aman serta sering mencuci tangan pakai sabun merupakan adaptasi kebiasaan baru yang harus diterapkan di sekolah. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA