oleh

Ini 6 Standar Klasifikasi Sepeda Polygon, Anda yang Mana?

YOGYAKARTA – Tahukah Anda, perusahaan sepeda Polygon memiliki standar klasifikasi pada semua tipe berdasarkan medan dan penggunaan.

Ada lima kategori sepeda. Pertama, kategori  sepeda anak ukuran12 inch sampai 16 inch.

Sepeda anak ukuran 20” , termasuk BMX untuk level pemula. Sepeda BMX tingkat pemula, city bike tanpa suspensi.

Sepeda kategori ini hanya untuk kondisi medan aspal dan gravel. Kecepatan sepeda kurang dari 15 km per jam.

BACA JUGA : 6 Bulan, Baznas DIY Kumpulkan ZIS Rp 2 Miliar Lebih

Jangan lupa, sepeda bukan untuk atraksi, seperti melompat atau naik dengan satu roda. Satu lagi, pengendara harus menghindari rem yang membuat roda belakang terangkat.

Kedua, kategori  sepeda road, sepeda pavement, city bike dengan suspense dan leisure bike dengan atau tanpa suspensi.

Sepeda untuk kondisi medan aspal dan gravel. Sepeda bisa dipacu dengan kecepatan sedang hingga tinggi. Tapi, sepeda tidak digunakan untuk atraksi.

BACA JUGA : UPDATE COVID-19: Penambahan Positif Covid-19 di Sleman Tertinggi di DIY

Ketiga, kategori  sepeda gravel dan touring, hybrid dan dual sport dengan suspense, mountain bikes untuk pengendara dewasa dilengkapi suspensi dan drop out terbuka di salah satu atau kedua ujungnya, dan jenis mountain bikes 24 inch dengan suspensi.

Sepeda digunakan di medan aspal, gravel, hiking paving atau non paving seperti berbatu, berlubang, dan off ringan. Namun, sepeda tidak diperuntukkan untuk jump dan drop.

Keempat, kategori sepeda jenis mountain bike sampai full suspensi 140mm dan menggunakan sistem thru axle pada kedua ujung seperti cross country (XC) atau trail.

BACA JUGA : Mau Wisata ke Yogyakarta dengan Aman dan Nyaman? Ini Caranya

Sepeda full suspensi 24 inch dengan sistem thru axle. Sepeda kelas ini seperti  kategori ketiga dengan medan kasar yang tidak beraspal. Juga dapat digunakan untuk lompatan dan drop maksimal ketinggian satu meter.

Kategori kelima adalah mountain bike full suspensi 130mm – 180 mm full suspension seperti sepeda jenis all-mountain bikes.

Sepeda bisa digunakan pada medan yang kasar, teknis dan berbatu, ttermasuk bike park. Jump dan drop maksimal ketinggian dua meter.

BACA JUGA : Tempat Kuliner yang Tak Pernah Sepi Pembeli

Karena penggunaannya berat, perlu pembersihan rutin, pelumasan, dan pemeriksaan keseluruhan sepeda dengan perawatan.

Sedangkan kategori keenam sepeda kelas mountain bike full suspensi sistem double suspension lebih dari 180mm. Seperti downhill, freeride dan freestyle khusus untuk kompetisi. Lalu, slopestyle dan sepeda balap BMX.

Sepeda ini bisa digunakan di mana saja. Termasuk lompatan ekstrem atau downhill pada jalur kasar.

Seperti kategori lima, karena penggunaan berat perlu pembersihan rutin, pelumasan, dan pemeriksaan keseluruhan sepeda dengan perawatan. (#)

sumber: polygon | editor: sauki adham

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA