oleh

Ini 5 Tahap Proses Produksi Vaksin COVID-19

BERITA649.com – Ingin mengetahui proses produksi vaksin COVID-19 di Indonesia? Pengembangan vaksin meliputi lima tahap sebelum diproduksi secara massal.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan, proses diawali penelitian dasar. Peneliti menelusuri mekanisme potensial berdasarkan disiplin ilmu. Fokusnya hanya meneliti virus, dan sel terkait virus.

Tujuannya melihat reaksi dan diekstraksi virus  dari sel-sel yang diperbanyak.  Pada proses ini biasanya dimulai pembuatan vaksin dalam jumlah terbatas.

Dilanjutkan  uji pre-klinis untuk memastikan  vaksin  yang dibuat diuji dulu dalam sel. Pre-klinis untuk memastikan vaksin aman jika diujikan pada manusia. Lalu,  diteruskan pada hewan untuk melakukan percobaan.

BACA JUGA: Liburan Panjang, Masyarakat Diminta Ikuti Protokol Kesehatan

“Itu sering disebut studi envitro dan envivo,” terang Profesor Wiku.

Tahap uji klinis terdiri tiga fase. Fase pertama memastikan keamanan dosis pada manusia serta menilai farmaco kinetik dan farmaco dinamik.  Fase kedua melakukan studi pada manusia biasa dengan jumlah sampel 100 sampai 500 orang.

Studi ini  memastikan keamanan  manusia dapat tercapai. Menentukan rentan dosis optimal  dan frekuensi pemberian dosis paling optimal serta efek samping jangka pendek.

BACA JUGA: Pentas Virtual, Wayang Jogja Night Carnival 2020 Meriah

Sedangkan fase ketiga  uji sampel 1.000 orang sampai 5.000 orang untuk memastikan keamanan, efektivitas, keuntungan yang melebihi risiko penggunaan pada populasi yang lebih besar.

Jika uji klinis fase ketiga ini tuntas dengan hasil memuaskan,  masuk fase persetujuan. Lembaga yang yang akan mengambil keputusan adalah  Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM).

Saat ini  telah memasuki uji klinis fase ketiga. Sehingga tinggal satu tahap lagi  sampai pada tahap produksi secara massal. (ad/asa)

Komentar

REKOMENDASI UNTUK ANDA